Imam Safe’i Resmi Tutup Pembekalan Reviewer Program 5000 Doktor Luar Negeri

Jakarta (Pendis) – Setelah berlangsung selama 3 (tiga) hari, pembekalan reviewer program 5000 doktor luar negeri Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI akhirnya secara resmi ditutup. Acara penutupan berlangsung di hotel Millenium Jakarta Pusat oleh Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Dr. Imam Safe’i, M.Ag., Kamis (28/3/2019).

Program 5000 Doktor Luar Negeri adalah program spektakuler Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, kata Imam mengawali arahannya. Oleh karena itu, mantan Direktur PAI ini, mengajak kepada semua pihak termasuk para reviewer terpilih 2019 ini, untuk mendukung dan mendoakan agar program 5000 doktor luar negeri berhasil dan sukses.

Tak lupa Imam memberikan ucapan selamat kepada reviewer terpilih. Reviewer harus memanfaatkan kepercayaan dan kesempatan yang diberikan, oleh karenanya, dalam proses interview mohon upayakan seobyektif mungkin dalam menilai peserta, pesan Imam mengakhiri arahannya.

Sementara itu, manajer PMU 5000 doktor luar negeri, Yeni Ratna Yuningsih, PhD, melaporkan bahwa dari 145 pendaftar ada 41 reveiwer yang dinyatakan lulus secara terbuka dan fair. Mereka inilah yang diundang untuk mengikuti pembekalan reviewer program 5000 doktor luar negeri kali ini. Yeni menambahkan bahwa seleksi reviewer baru dilaksanakan tahun ini karena karena terkendala system, aplikasi, dan anggaran yang belum tersedia. Dengan adanya reviewer terpilih, PMU 5000 doktor luar negeri diharapkan dapat memiliki bank data reviewer. Mereka juga diharapkan memiliki sense of belonging terhadap program 5000 doktor luar negeri.

Proses selanjutnya adalah seleksi tahap II kepada calon penerima beasiswa 5000 doktor luar negeri yang telah dinyatakan lulus pada seleksi tahap I. Seleksi tahap II akan dilaksanakan di 4 (empat) zona/lokasi yaitu Jakarta, Batam, Surabaya, Makassar dan Jakarta. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi tahap II ini sebanyak 105 dari program reguler dan kerjasama (customized), tambah Yeni.

Turut hadir pada penutupan pembekalan reviewer ini, para koordinator PMU program 5000 doktor luar negeri yaitu Didin N Hidayat dan Salamah Agung (Koordinator Wilayah I), Arif Zamhari dan Yuli Yasin (Koordinator Wilayah II), Amiruddin Kuba (Koordinator Bahasa dan Akademik), Abdullah Hanif (Koordinator Administrasi dan Keuangan) dan seluruh Tim PMU program 5000 doktor luar negeri.

Penulis: Amiruddin Kuba

Foto: Faizal


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 28/03/2019 Jam: 17:01:54 | dilihat: 821 kali

Berita Terkait