Kemenag Akan Perluas Asal Negara Untuk Mahasiswa Asing Penerima Beasiswa

Jakarta - (Dit. PTKI) Kementerian Agama berencana akan memperluas asal negara penerima beasiswa untuk mahasiswa asing. Untuk itu, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam menggelar rapat koordinasi kerjasama PTKI pengelola beasiswa mahasiswa asing.

Kegiatan yang dihadiri oleh para pimpinan bidang kerjasama dan international office ini berlangsung pada 2-3 Mei 2019 di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam Dr. Imam Safe’I, M.Pd, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama.

Sekretaris Ditjen Pendis menyampaikan bahwa target mahasiswa asing yang akan mendapatkan beasiswa pada PTKI sebanyak 5000 mahasiswa selama 5 tahun. Sehingga setiap tahunnya akan ada 1000 mahasiswa asing yang kuliah pada PTKIN.

“Sementara ini para mahasiswa asing pada PTKIN didominasi dari negara Thailand sebanyak 67 orang, Malaysia 27 orang dan Afganistan 14 orang. Untuk itu saya berharap para pimpinan bisa mendorong untuk melakukan pemerataan asal negara para mahasiswa asing tersebut”, harap Imam Safe’i.

Mengelola beasiswa itu membutuhkan keikhlasan dan ketulusan hati, karena kita sedang berusaha mencerdaskan orang lain. “Jangan pernah menyesal karena telah berbuat baik kepada orang lain”, pintanya.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama mengatakan, beasiswa ini merupakan sebuah komponen yang bertujuan untuk mepromosikan lembaga kita. “Dengan beasiswa ini semoga memberikan dampak minat mahasiswa asing untuk belajar ke PTKI dan menjadikan Indonesia sebagai pusat destinasi pendidikan Islam”, harap Agus Sholeh.

Kami berharap pimpinan PTKI menerapkan disiplin akademik terhadap mahasiswa asing, apabila melanggar dan tidak memenuhi standar nilai akademiknya maka bisa kita pulangkan.

Ini merupakan tahun ke-dua Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam menyelenggarakan program beasiswa 5000 mahasiswa asing. “Saran dan masukan terhadap penyelenggaraan program ini sangat kami harapkan dari para pengelola beasiswa agar program ini bisa berjalan dengan baik”, harap Iwan Yusuf selaku Kasi Kerjasama sebagai penanggung jawab program.

(Alip N)


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 07/05/2019 Jam: 14:15:09 | dilihat: 1414 kali

Berita Terkait