Menteri Agama: PIONIR, Momentum Pembinaan Minat dan Bakat Mahasiswa

Acara pembukaan PIONIR (Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri ke VI di Serang, Banten yang dihadiri oleh seluruh peserta dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri dibuka oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali. Selain menteri Agama, tampak hadir Dirjen Pendidikan Islam dan Direktur Diktis, sedangkan dari unsur daerah ada Sekda Provinsi Banten dan Bupati Serang, serta Kakanwil Kemenag Banten.

Menteri Agama dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya dengan pelaksanaan PIONIR ke VI di Banten. Harapannya semoga PIONIR menjadi momentum kompetisi untuk menjadi pribadi-pribadi lebih baik dengan tempaan minat bakat yang disalurkan dalam ajang PIONIR. Pesan Menteri Agama dalam sambutannya agar PIONIR dilaksanakan secara adil, jujur dan sportif.

Sebagai penutup sambutan, Menteri Agama menekankan, melalui cabang lomba riset, semoga dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa PTAIN. Dalam kesempatan lain di hari yang sama, Menteri Agama, Suryadharma Ali dalam pertemuan dengan semua Rektor UIN/IAIN dan Ketua STAIN menekankan kembali akan pentingnya riset ini dalam diskursus civitas akademika. Menurut Menteri Agama, riset dapat digunakan sebagai pisau analisis untuk masalah-maslah sosial dan politik. Lebih dari itu, riset tidak hanya berdimensi ilmiah, bahkan bisa juga menjadi ladang bisnis bahkan alat untuk pembentukan opini publik.

Sebagai panitia tuan rumah, Rektor IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, Prof. Dr. Sybli dalam sambutannya mengatakan, “ acara PIONIR ke VI di Serang, Banten dihadiri oleh 2650 peserta dari seluruh PTAIN yang akan berkompetisi dalam semua jenis lomba, baik kategori olahraga, seni maupun riset”. Lanjut dalam penjelasannya, semua jenis lomba tersebut akan dipusatkan pelaksanaannya semua di kota Serang, yang tersebar di beberapa GOR, untuk bidang ilmiah dan riset mengambil tempat di kampus IAIN SMH Banten.

Puncak acara pembukaan PIONIR ditutup dengan pemukulan rampak bedug oleh Menteri Agama dan penyalaan Api Pionir oleh mahasiswa IAIN Banten. (Fikri)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 19/08/2013 Jam: 13:28:22 | dilihat: 1097 kali

Berita Terkait