Tahun 2019 Semua PTKI Wajib AIPT, Kemenag Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan Borang AIPT

Tangerang Selatan– (Dit. PTKI) Dalam rangka percepatan proses Akreditasi Institusi Perguruan Tunggi (AIPT) PTKI, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menggelar Workshop Penyusunan Borang AIPT PTKI Dengan 9 Kriteria (16-18 Mei 2019) Tangerang Selatan. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti oleh perwakilan dari LPM PTKIN, LPM PTKIS dan Kopertais seluruh Indonesia.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk bimbingan teknis ini dihadiri oleh Prof. Dr. Arskal Salim GP (Direktur PTKI), Drs. Agus Sholeh, M.Ed (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama) dan para narasumber yang bersal dari Asessor BAN PT, Prof. Dr. Ahmad Thib Raya (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra (Univ. Gunadarma), dan Dr. H. Sugeng Listyo P, M.Pd (UIN Maliki Malang).

Dalam kesempatan ini Prof. Arskal Salim menyampaikan bahwa kegiatan yang sedang diadakan ini adalah sebuah bentuk perjuangan untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. “Pertemuan ini merupakan bagian dari sosialisasi borang dengan 9 kriteria sekaligus bimbingan teknis penyusunan borang masing-masing lembaga. Perubahan standar dari 7 kriteria menjadi 9 kriteria ini karena demi mutu dan kualitas perguruan tinggi itu sendiri.” Jelas, Arskal Salim di Serpong, Kamis (15/05).

“PTKI kita harus mampu membuktikan bahwa saat ini lembaga kita semakin maju dan berkualitas dalam rangka menyongsong era industri 4.0. PTKI harus mampu menyiapkan lulusan yang memiliki kapasitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat”, tambah Arskal Salim.

“Kegiatan pendampingan yang dilakukan ini menyesuaikan dengan regulasi terbaru akreditasi BAN PT”, jelas Agus Sholeh. “Kami akan selalu siap untuk membantu PTKI dalam proses AIPT ini sesuai dengan edaran dari BAN PT bahwa batas akhir pengajuan borangnya adalah 10 Agustus 2019, jangan sampai ada PTKI yang terlambat sehingga akan dicabut ijin operasionalnya”, tambah Agus Sholeh.

Prof. Dr. Ahmad Thib Raya selaku Asesor BAN PT dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta meyakinkan bahwa harapan dari Direktorat PTKI ini disambut baik oleh semua pimpinan PTKI. “Akreditasi menjadi harapan bagi semua perguruan tinggi untuk mendapatkan nilai paling memuaskan”, tambahnya.

“Ini merupakan bimtek kedua yang telah dilakukan pada tahun 2019 dan dalam rangka menambah Asesor Agama Dit. PTKI akan menyelenggarakan rekruitmen calon Asesor Agama setelah lebaran”, jelas Zidal Huda Kasi Penjaminan Mutu PTKI.

Penulis: Zaky

Editor: Alip N


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 20/05/2019 Jam: 14:30:31 | dilihat: 599 kali

Berita Terkait