Perubahan Bentuk PTKI Wujud Peningkatan Mutu dan Kualitas Perguruan Tinggi

Jakarta (Dit. PTKI)-Mutu dan kualitas merupakan hal penting dalam penyelenggaraan perguruan tinggi. Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam mendorong PTKI untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, salah satunya melalui perubahan bentuk. Dengan adanya perubahan bentuk diharapkan mutu dan kualitas lembaga juga mengalami perubahan yang signifikan dalam hal layanan pendidikan tingginya.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut Kementerian Agama kembali menyerahkan SK Perubahan Bentuk PTKI sebanyak tujuh lembaga dan SK pendirian PTKI baru sebanyak 2 lembaga, Senin (28/7/2019) di Jakarta. Acara serah terima berlangsung di ruang rapat Ditjen Pendidikan Islam lantai 7 Kementerian Agama yang dihadiri oleh M. Arskal Salim Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Agus Sholeh Kasubdit kelembagaan dan Kerjasama dan Amiruddin Kuba Kepala Seksi Bina Kelembagaan PTKIS.

Dalam sambutannya Agus Sholeh mengucapkan selamat kepada para pimpinan yayasan dan kepada para calon Rektor dan Ketua atas terbitnya SK perubahan bentuk dan pendirian PTKI baru. “Kami mohon maaf apabila tebirtnya SK ini memerlukan waktu dan proses yang panjang karena berkaitan dengan regulasi yang baru terkait rekomendasi akreditasi minimun dari BAN PT”, jelasnya.

“Setelah SK ini diterima oleh bapak ibu sekalian kami berharap pimpinan segera melakukan koordinasi dengan pimpinan Kopertais wilayah masing masing dan mempublikasikannya kepada masyarakat luas”, pinta Agus.

M. Arskal Salim GP menyambut baik acara ini, dan mengatakan bahwa penantian yang panjang ini akhirnya datang juga, selamat untuk para pimpinan yayasan. Ini adalah amanah besar yang harus dijaga dengan baik.

“Perubahan bentuk lembaga adalah wujud dari peningkatan mutu dan kualitas, yang sebelumnya sekolah tinggi menjadi institut tentu harus memiliki perbedaan mendasar. Jangan sampai nama lembaga sudah berubah menjadi institut namun rasanya masih sekolah tinggi”, harap Arskal.

Arskal Salim juga berharap kampus agar menerima mahasiswa yang lebih banyak setelah perubahan ini. “Kita bersama mewujudkan program pembangunan kecerdasan manusia, karena kita tidak mungkin menjalankan program ini tanpa dukungan dari masyarakat. Prestasi para dosen dan mahasiswa harus ditingkatkan dalam level nasional dan international”, jelasnya.

Berikut daftar SK perubahan bentuk dan pendirian PTKI baru:

Perubahan Bentuk PTKI:

1. Institut Agama Islam Tazkia Bogor

2. Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi

3. Institut Agama Islam Nusantara Batang hari Jambi

4. Institut Agama Islam Tebo Jambi

5. Institut Agama Islam Nazhatul Thullab Sampang

6. Institut Agama Islam Ar-Risalah Inhil Riau

7. Institut Agama Islam Dar Aswaja Rokan Hilir Riau

Pendirian PTKI Baru:

1. Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kepulauan Riau

2. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Akbar Surabaya

(Alip/Amson)


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 05/08/2019 Jam: 09:21:09 | dilihat: 1344 kali

Berita Terkait