Siti Sakdiyah : Perpustakaan, dari Manual ke Sistem Digital

Lombok (29/8/2013)

Acara pembukaan Pertemuan Pengelola Perpustakaan PTAIN yang dilaksanakan di Lombok, Mataram, dari tanggal 29 Agustus dan akan berakhir 31 Agustus 2013 ini, dibuka oleh Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Dra. Hj. Siti Sakdiyah, M.Pd, dengan didampingi para Kepala Seksi. Pertama Kasi Sarana Prasarana PTAIN, Drs. Safriansyah, MBA, yang kedua Kasi Sarana Prasarana PTAIS, Dr. Abdul Adhim, MA, dan juga turut hadir Kasi Kemahasiswaan, Rahmawati, S.Psi,MM.

Dalam sambutannya, Kasubdit menerangkan,” acara pertemuan pengelola perpustakaan PTAIN ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan dari 40 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, dan ditambah undangan khusus pustakawan berprestasi.” Menurut Kasi Sarpras PTAIN, Drs. Safriansyah selaku panitia yang bertanggung jawab langsung dalam acara ini mengatakan,”acara ini merupakan hal yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh seluruh pengelola perpustakaan”. Di kesempatan ini, Siti Sakdiyah, selaku Kasubdit menyampaikan bahwa perpustakaan adalah jantungnya kampus (The Heart of Education), dimana sumber ilmu dikaji dan digali di tempat tersebut.

Menurutnya, perkembangan perpustakaan dari ke hari semakin mengalami kemajuan, dari semula menggunakan sistem manual sampai menggunakan sistem digital. Terkait fasilitas perpustakaan, beliau menyampaikan masih mengalami kesulitan dalam pendataan yang terkait sarana prasarana perpustakaan sehingga mengalami kendala dalam estimasi bantuan, master plan, dan mapping perpustakaan. Kendala utama juga seringkali muncul dari kelengkapan literature yang dimiliki oleh perpustakaan.

Sebagai penutup acara, Kasubdit menyampaikan rasa kegembiraannya pada prestasi yang telah dicapai perpustakaan Islam, dengan menempati posisi kelima sebagai perpustakaan terbaik seluruh Indonesia.

Acara pembukaan ini jadi terasa semakin greget karena kehadiran Ketua APPTIS (Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam), Dr. Solihin Arianto, MLis, yang sekaligus merupakan Kepala Perpustakaan UIN Yogyakarta. (Fikri)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 30/08/2013 Jam: 08:43:08 | dilihat: 968 kali

Berita Terkait