Al Ibtida: Jurnal PGMI Pertama yang Terakreditasi SINTA 2

Cirebon - 22 November 2019 lalu, salah satu jurnal elektronik di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan judul "Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI" terakreditasi Science and Technology Index (SINTA) 2.

Selain menjadi jurnal pertama yang terakreditasi SINTA 2 di lingkungan tesebut, jurnal ini juga menjadi jurnal Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) pertama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang terakreditasi SINTA 2.

Koordinator Kampung Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Ahmad Arifuddin menuturkan, terakreditasinya jurnal elektronik tersebut merupakan tonggak kebankitan jurnal elektronik di IAIN Syekh Nurjati.

"Selain itu kebangkitan jurnal elektronik di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga ditandai dengan banyaknya jurnal elektronik di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang sudah terkareditasi SINTA," tutur Arifuddin, Kamis (28/11).

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini telah ada 14 jurnal elektronik yang terakreditasi SINTA di lingkungannya, baik SINTA 3, SINTA 4, maupun SINTA 5.

"Tentu capaian presasi ini tidak datang tiba-tiba, namun melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan. Betapa tidak, jurnal elektronik di Lingkungan IAIN Seyekh Nurjati Cirebon baru berumur 3,4 tahun," tandas Arifuddin.

Arifuddin menceritakan, geliat dunia jurnal elektronik di lingkungannya dimulai saaat diterapkannya Open Journal System (OJS), yakni sistem online yang menggantikan tradisi jurnal cetak.

Sehingga, lanjut dia, saat itu para pengelola jurnal dituntut adaptif menghadapi perubahan yang tidak mudah dari jurnal cetak ke jurnal elektronik.

Arifuddin bersama Tim Kampung Jurnal mengakui, capaian tersebut tidak dapat terwujud tanpa dukungan semua stakeholder, kendati masih ada pekerjaan rumah yang harus dihadapi pengelola jurnal di IAIN Syekh Nurjati. Dimana separoh jurnal elektronik di sana masih belum terakreditasi SINTA.

"Berkat dukungan semua stakeholder, baik Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama RI dengan program-program hibah akselerasi jurnalnya yang saat itu digawangi oleh Dr. Mahrus eL Mawa, M.Ag sebagai Kasi Publikasi Jamiah dan saat ini sebagai Kasi Penelitian maupun IAIN Syekh Nurjati Cirebon," tuturnya.

Dengan itu pihaknya berharap, di tahun berikutnya akan banyak lagi jurnal-jurnal di Lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang terakreditas SINTA 2.

"Komitmen dan kesolidan yang tinggi dari para pengelola jurnal menjadi kunci dalam memajukan jurnal-jurnal elektronik di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon," pungkasnya.


oleh hendri | Edisi Tanggal: 28/11/2019 Jam: 15:48:52 | dilihat: 356 kali

Berita Terkait