Penutupan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XIII

Lombok, Indonesia—Hingga Rabu (20/11) malam Bima Ballroom, Hotel Santosa masih dipadati para peserta Annual International Conference on Islamic Studies XIII. Mereka dengan penuh antusias mengikuti konferensi hingga sesi terakhir, sampai akhirnya Wakil Menteri Agama RI, H. Nasaruddin Umar menutup acara secara resmi.

Pada malam penutupan AICIS itu panitia juga memberi penghargaan kepada delapan penulis makalah terbaik dari masing-masing kategori. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada peserta konferensi yang memiliki dedikasi dalam melakukan penelitian, penulisan makalah dan pemaparan temuan penelitian di forum ilmiah. Rencananya, mereka akan diundang ke Jakarta dan akan menerima penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam, H. Dede Rosyada dalam sambutannya mengatakan, dari forum AICIS akan lahir para peneliti dan pemikir Islam yang memiliki kemampuan dan rasa percaya diri untuk tampil di forum dunia, untuk menyuarakan kekhasan kajian keislaman Indonesia dan kondisi negera Indonesia secara umum.

“Penyelenggaraan AICIS juga akan menjadi pembelajaran, khususnya bagi PTAI yang menjadi tuan rumah dan kampus PTAI lain secara umum, sehingga ke depan memiliki pengalaman dan kesiapan yang lebih matang dalam menyelenggarakan event-event internasional,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Menteri Agama RI, H. Nasaruddin Umar dalam pidatonya mengagumi forum AICIS yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Namun demikian, Wamen mengingatkan agar para cerdik-cendekia peserta konferensi tidak merasa puas hanya sampai di situ. Tantangan peserta konferensi di luar forum adalah melakukan tindakan nyata sebagai pengejawantahan dari teori-teori yang ditemukan.

Pada malam penutupan AICIS itu, kembali peserta konferensi disuguhi tari-tarian dan drama yang menggambarkan kearifan budaya lokal khas daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Belum berhenti di situ, sebelum Wamen keluar dari ruangan tempat dilaksanakannya penutupan AICIS, para peserta beramai-ramai naik ke panggung untuk bisa diabadikan gambarnya bersama orang nomor dua di Kemenag itu. Akhirnya semua pembicara juga didaulat untuk naik ke atas panggung (ar/shr).

"The Santosa Villas & Resort in Lombok, Indonesia"

-Dari lokasi AICIS-


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 21/11/2013 Jam: 10:50:07 | dilihat: 1412 kali

Berita Terkait