Bimbingan Teknis Penilaian Angka Kredit Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Tahap I

Pada tanggal 14-16 Juni 2013, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam telah sukses melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Angka Kredit Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Tahap I yang dikoordinir oleh Subdit Ketenagaan DIKTIS. Dalam sambutannya, Kepala Subdit Ketenagaan, Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA. menyampaikan bahwa out put dari kegiatan ini adalah tersosialisasinya Keputusan MENPAN dan RB No. 17 Tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya serta kesiapaan on linesasi pengajuan kenaikan pangkat dosen. Dalam sambutannya pula, Kasubdit melaporkan bahwa peserta Bimbingan Teknis Tahap I tersebut berasal dari staf administrasi dan Kabag/Kasubag Kepegawaian dari UIN, IAIN, STAIN, STKN, STAHN, dan Bimas Non Islam. Keikut sertaan peserta dari STKN, STHN, dan Bimas non Islam karena pengajuan jabatan fungsional dosen Lektor Kepala dan Profesor dari Perguruan Tinggi tersebut melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, sehingga diperlukan penyamaan persepsi dan langkah teknis lainnya.

Kegiatan ini dibuka dan diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof Dr. Nur Syam, M.Si. dalam sambutannya, Dirjen berpesan secara khusus kepada tenaga administratif dan Kepegawaian bahwa mereka mempunyai tugas besar dan tidak sederhana karena tim teknis tidak hanya mencatat tetapi juga mengevaluasi dan memberi pertimbangan terhadap karya-karya dosen, khususnya dalam persoalan plagiasi. Ketegasan dan keberanian tenaga administratif dan kepegawaian sangat dibutuhkan untuk membangun kualitas karya dosen dan membangkitkan tradisi akademik mereka. Beliau juga berpesan agar usulan penilaian angka kredit dosen sudah difinalisasi di satker masing-masing sehingga ketika diajukan ke Tim Penilai Pusat, baik di DIKTIS Kemenag maupun Kemendikbud, tidak ada tagihan dan kekurangan berkas administrasi, terlebih lagi kekurangan angka kredit untuk Bidang B.

Kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Angka Kredit Dosen Perguruan Tinggi Agama Islam Tahap I ini dilaksanakan di Hotel Salak Heritage Bogor Indonesia dan dibimbing oleh beberapa narasumber dan Tim Ahli yang kompeten di bidangnya, baik dari Kemenag, Kemendikbud, dan Kemenpan dan RB. dan berkhir pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2013. (Sumber: Subdit Ketenagaan DIKTIS)


oleh Akrom Abdullah | Edisi Tanggal: 20/06/2013 Jam: 14:59:31 | dilihat: 543 kali

Berita Terkait