Kamaruddin Amin: Pendis Genjot Kemampuan Bahasa Arab Bagi Dosen

Jakarta (Pendis) – Direktorat Pendidikan Islam melakukan penguatan kemampuan bahasa arab bagi para Dosen pada PTKI. Tentu dengan melakukan kerjasama dengan lembaga bahasa arab yang terpercaya, salah satunya adalah LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin saat berjumpa dengan Direktur LIPIA Jakarta Dr. Khaled bin Mohammed Al Deham Selasa, 13 Desember 2016 di ruang kerja Dirjen Pendis.

Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka membangun kerjasama antara Direktorat Pendidikan Islam dengan LIPIA dalam rangka mensukseskan program 5000 doktor yang menjadi program unggulan Pendis, tambah Dirjen Pendis. Program 5000 doktor sudah menjadi perhatian komunitas akademik di seluruh dunia. Ada puluhan tawaran kerja sama yang kami terima selama ini, dari Eropa, Amerika, Kanada, dan Australia serta Negara-negara timur tengah. Kendala selama ini adalah kemampuan bahasa Arab calon kandidat. Kerjasama dengan LIPIA, sebuah langkah yang kami ambil guna memperkuat penguasaan bahasa Arab, tegas Kamaruddin Amin.

Diantara program kerjasama yang akan dilaksanakan adalah :

a. Membuka kesempatan bagi para awardee untuk melaksanakan kursus bahasa Arab selama 6 bulan di Jakarta;

b. Mempersiapkan para calon awardee yang akan melanjutkan pendidikan pada universitas di wilayah Timur Tengah (seperti Mesir, Maroko, Sudan, Arab Saudi, Tunisia, dll) untuk memperdalam bahasa Arab selama 1 tahun.

c. Rencana kunjungan dan penandatanganan MoU dengan Perguruan Tinggi di Timur Tengah.

Dr. Khaled bin Mohammed Al Deham selaku direktur LIPIA Jakarta menyambut baik kerjasama ini dan berharap kerjasama ini akan berlangsung terus untuk kemajuan pendidikan Islam Indonesia, imbuhnya. LIPIA juga berharap bisa membantu pemerintah Indonesia khususnya Dirjen Pendis dalam pengembangan bahasa Arab, tambah Direktur LIPIA.

Hadir pada pertemuan tersebut Dr. Muhammad Zain (plt Kasubdit Kelembagaan), Drs. Rudi Nuruddin Ambary, M.Pd (Kasi Kerjasama) dan rombongan dari LIPIA Jakarta. (4L1P)


oleh Subdit Kelembagaan | Edisi Tanggal: 13/12/2016 Jam: 17:32:53 | dilihat: 929 kali

Berita Terkait