72 Perguruan Tinggi Hadiri Seminar Nasional FKDP

Banyuwangi (Diktis, 22/1) – Dosen PTKIS Kopertais IV dan beberapa dosen PTKI Negeri tumpah ruah menghadiri Seminar Nasional Temu Jaringan Peneliti Dosen PTKIS Kopertais IV di IAI Darussalam Blok Agung Banyuwangi tanggal 21-22 Januari 2017. Seminar Nasional dan Temu Jaringan Dosen Peneliti pada PTKI ini dimaksudkan untuk meneguhkan langkah penelitian agar lebih bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Nuril Huda, Sekretaris Kopertais IV menegaskan tujuan temu jaringan ini. “Keberadaan perguruan tinggi agama Islam harus hadir dalam pembangunan masyarakat di sekitar perguruan tinggi tersebut,” ujarnya menginformasikan.

Seminar ini terdiri dari dua sessi. Sessi pleno menghadirkan narasumber yang dihadirkan pada seminar ini adalah Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi; Anis Masykhur, Subdit Penelitian Direktorat Diktis; Nihayatul Wafiroh, Anggota DPR RI Komisi IX; dan Abdul Muhid, Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya.

Azwar Anas menyampaikan bahwa keberhasilan dan kemajuan Kabupaten Banyuwangi tidak terlepas dari penelitian perguruan tinggi. “Kebijakan pemerintah selalu merujuk kepada hasil-hasil penelitian,” ujarnya menegaskan. Sedangkan Anis Masykhur menyampaikan bahwa penyampaian Awar Anas membuka lebar-lebar peran Perguruan Tinggi harus gayung bersambut. “Desain penelitian yang berkualitas dan berdayaguna adalah sebuah keniscayaan. PTKI harus turut berpartisipasi,” arahnya menegaskan. “Tema-tema penelitian interdisipliner dan multidisiplin harus mampu menginisiasi implementasi yang berujung kepada tindaklanjut pemberdayaan masyarakat.” Jelas Kepala Seksi penelitian lebih lanjut.

Forum ini melibatkan sebanyak 216 Dosen peneliti dari 72 perguruan tinggi baik yang negeri maupun swasta dengan jumlah paper yang dipresentasikan sebanyak 78 makalah. Seluruh pembiayaan kegiatan ini bersumber dari dana mandiri dan iuran anggota forum komunikasi dosen peneliti pada Kopertais IV.

Seminar ini dimaksudkan untuk membangkitkan minat para dosen—khususnya dosen swasta—di lingkungan PTKIS Kopertais IV dan sekaligus meningkatkan kompetensi dosen di bidang penelitian. Meski, yang hadir pada Seminar dan Temu Jaringan ini banyak pula dari PTKI Negeri bahkan tampak di beberapa sessi pararel ada beberapa dosen perguruan tinggi umum.

Seminar ini juga ditindaklanjuti dengan perekrutan artikel terbaik untuk dipublikasikan pada jurnal-jurnal terakreditasi. Untuk itu, Muhsinin, Koordinator Forum tersebut berinisiasi untuk menghadirkan beberapa pimpinan jurnal terakreditasi untuk menawarkan kepada dosen yang berkeinginan untuk mempublikasikan papernya. “Era saat ini, setiap dosen wajib ‘ain untuk melakukan penelitian dan selanjutnya dipublikasikan pada jurnal ilmiah terakreditasi,” tegas Cak Sinin—panggilan akrab Dr Muhsinin—menjelaskan. Semoga mampu memberikan inspirasi bagi dosen lainnya. (ni5)


oleh Subdit Penelitian | Edisi Tanggal: 23/01/2017 Jam: 08:38:39 | dilihat: 776 kali

Berita Terkait