TIM ITJEN APRESIASI DIKTIS DALAM MENYELESAIKAN HASIL AUDIT

Jakarta (12/6) – Cepatnya respon pihak DIKTIS untuk menyelesaikan dan menindaklanjuti atas temuan dan catatan tim audit Inspektorat mendapatkan apresiasi dari Tim audit investigatif. Drs. Fitri, selaku ketua Tim menyampaikan bahwa dari hasil fact finding kegiatan-kegiatan Diktis lebih baik di banding unit lain. Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan pada diktis yang diselenggarakan dapat dipertanggunjawabkan. Kesalahan-kesalahan lebih banyak aspek administratif yang diharapkan tidak terulang lagi. Apresiasi tersebut disampaikan pada pertemuan Konsinyir TLHP Audit Program Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Jakarta Jumat (9/6) lalu .

Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari peran inspektorat yang memerankan sebagai partner. “Inspektorat Jenderal adalah partner buat satker-satker di Kementerian Agama. Tidak ada semangat untuk menghukum oleh para auditor. Tugas kami adalah melakukan pengawalan program-program kementerian,” tegas Dr. Rozikin, Irwil Investigatif ketika menyampaikan arahan. Hal senada juga disampaikan oleh Prof. Dr. Isom Yusqi, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam. Bahkan Isom menginginkan adanya forum semacam klinik sehingga proses penyelenggaraan kegiatan dan penggunaan dana Negara untuk bisa dipertanggungjawabkan secara sah.

Gagasan dan lontaran itu akan ditindaklanjuti melalui Sekretariat. Bagi M. Munir, Kabag Organisasi, Hukum dan Kepegawaian Set Ditjen Pendidikan Islam, bahwa apresiasi demi apresiasi ini tidak bisa dilepaskan dari soliditas tim. Menurutnya, dengan klinik dan kegiatan tersebut diharapkan pendis akan jauh lebih baik. Dia akan menjadikan DIKTIS sebagai contoh bagi unit-unit lain. Bahkan Abdullah Hanif, Kasubag TU juga menyampaikan bahwa keberhasilan DIKTIS menyelesaikan lebih dari 50% catatan pihak auditor ini tidak bisa dipisahkan dari koordinasi intensif lintas subdit dan lintas eselon dua. “Semoga kondisi seperti ini bisa dipertahankan,” harap Hanif menegaskan. (n15)


oleh Subdit Penelitian | Edisi Tanggal: 12/06/2017 Jam: 10:53:27 | dilihat: 547 kali

Berita Terkait