DIT. PTKI Perkuat Peran Asosiasi Keilmuan

Surabaya (20/6) – Demi memperkuat dan mensinergiskan peran asosiasi dan Kementerian Agama, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam melalui Subdit Pengembangan Akademik mengadakan Workshop Asosiasi Keilmuan di Surabaya (18-20/6).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa perlunya dosen-dosen yang bernaung dibawah asosiasi keilmuan untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi yang terbaru.

Penguatan peran asosiasi keilmuan baik secara akademik, profesi dan kelembagaan harus terus didorong.

Akan hal itu, Kamaruddin Amin berharap aosisasi keilmuan dapat memberikan kontribusi akademik yang signifikan. “ Kami berharap para dosen yang bernaung di bawah asosiasi untuk terlibat dalam pergaulan dan diskursus internasional” kata Kamarudin.

Dirjen Pendis juga bercerita bagaimana kuatnya peran profesor diluar negeri dalam menentukan perjalanan akademik para mahasiswanya. Dia berharap semoga hal tersebut dapat diadaptasi oleh para dosen dan profesor dalam negeri.

Senada dengan itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Nizar Ali mengatakan agar asosiasi ini saling memperkuat dengan program kerja asosiasi serta mendukung misi integrasi keilmuan.

“Asosiasi keilmuan ini agar dikelola dengan profesional dan program kerja yang bagus layaknya organisasi professional lain serta ikut memperkuat misi integrasi keilmuan di PTKI”, pesan Nizar yang juga Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kasubdit Pengembangan Akademik Mamat S. Burhanuddin menegaskan komitmennya terhadap asosiasi keilmuan.

“Kami berkomitmen bahwa asosiasi adalah bagian dari civil society dan mitra Kementerian Agama yang harus diperkuat. Kami membutuhkan saran dan masukan dari asosiasi tentang legalitas asosiasi yang masih diperdebatkan antara SK Dirjen dan akta notaris” pungkas Mamat.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diisi dengan tukar pendapat antar asosiasi keilmuan, penyampaian neraca afirmasi asosiasi keilmuan dan materi penguatan konsorsium. (din)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 20/06/2017 Jam: 14:18:54 | dilihat: 650 kali

Berita Terkait