Catatan Penelitian:
Lebaran 1438 H Sebagai Titik Nol Penelitian untuk Perubahan

Jakarta (22/9) - Akhir puasa menandakan perjalanan akhir kaum muslimin bak bayi yang baru dilahirkan (kayaumin waladathu ummuh). Begitulah tutur para asatidz di mimbar-mimbar khutbahnya. Ini juga bisa dijadikan pertanda bahwa seyogyanya seorang dosen juga harus kembali pada fitrahnya yang mencintai aktifitas meneliti untuk perubahan. Bersamaan dengan itu pula, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam telah mempublikasikan para nominee penelitian dan pengabdian. Sebagai titik awal perlu diperhatikan beberapa catatan berikut. Di bidang penelitian, yang perlu dipersiapkan adalah pertama, mengaitkan sumbangsih penelitian dalam rangka memperkokoh deradikalisasi. Kedua, menghubungkan penelitian dan kajian akademik dengan teori-teori yang bisa “nyambung” dengan langit keilmuan dunia. Sisi inilah yang akan menjadikan hasil penelitian mudah diterima di jurnal-jurnal terakreditasi. Sedangkan di bidang pengabdian kepada masyarakat, ada beberapa catatan tim reviewer yang perlu dipersiapkan untuk presentasi mendatang.

Pertama, isu dan fokus dampingan yang diusulkan masih sebatas "permukaan" (front tage). Tidak ada keberanian mengangkat isu-isu krusial yang fundamental dan kritis. Kalau pun ada seperti radikalisme, keterjagaan ekosistem, atau isu kemiskinan hanya dilihat dari perspektif kulit dengan data yang sangat minim. Dengan kata lain, hanya untuk kebutuhan meloloskan proposal yang diajukan.

Kedua, paparan proposal menampilkan strategi aksi yang "miskin gagasan", lemah perspektif, dan kedangkalan analisis sosial kritis. Jikapun ada sering tidak sesuai dengan fokus pendampingan.

Ketiga, kurang "cermat" dalam menangkap realitas, dan akhirnya dalam menarasikan di paragraf-paragraf proposal terlihat "tidak bernyawa" , terkesan "klaim" dan tidak didukung argumentasi akademik yang kuat.

Hal di atas menunjukkan jika proposal yang disusun tidak diawali dengan kerja "preliminary research", sehingga miskin data, miskin pembacaan teori & tiadanya penelitian terdahulu yang relevan. Catatan-catatan tersebut sangat penting diperhatikan untuk memperkuat proposal yang akan dipresentasikan dalam waktu dekat. (n15).


oleh Subdit Penelitian | Edisi Tanggal: 24/06/2017 Jam: 22:22:45 | dilihat: 610 kali

Berita Terkait