TIM 9 Menggodok Standar Keagamaan di PTKI

Denpasar (Diktis) - - - Dalam pertemuan Wakil Rektor PTKIN pada 19 Juli 2017 di Banjarmasin terdapat gagasan mengenai perlunya Standar Keagamaan di PTKIN. Gagasan ini kemudian segera ditindaklanjuti dengan dilakukannya pertemuan di Hotel Quest Hotel San Denpasar pada tanggal 25-27 Juli 2017. Pertemuan ini dihadiri oleh tim 9 yang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan berbagai kompetensi keilmuan.

Standar keagamaan ini bukanlah dimaksudkan untuk menandingi Standar Nasional Perguruan Tinggi yang telah ada, namun lebih pada melengkapinya dengan beberapa tambahan standar keagamaan yang berlaku untuk PTKIN. Di samping itu, menurut Kasubdit Pengembangan Akademik, Dr. Mamat Salamat, M.A., standar keagamaan ini bukan dimaksudkan menyeragamkan model keagamaan di perguruan tinggi Islam, namun lebih kepada membuat payung hukum dan rambu-rambu bagi perguruan tinggi Islam dalam membuat standar, misalnya, kompetensi lulusan.

Misalnya yang diusulkan dalam Pertemuan Wakil Rektor di Banjarmasin, standar lulusan PTKI harus memiliki kompetensi keislaman dan basic keagamaan yang baik di samping kompetensi sesuai dengan bidangnya. Dalam masalah sikap, lulusan PTKI harus memiliki sikap dan karakter keislaman yang toleran, inklusif, moderat, dan berakhlak mulia. Memiliki kemampuan baca tulis al-Quran, serta keterampilan dalam beribadah dan muamalah.

Lebih Lanjut, Mamat menegaskan “Standar ini disusun menjadi pedoman yang dirujuk oleh PTKI, tetapi jangan sampai ada kesan mengikat dan memberangus kebebasan, jangan ada kesan menyeragamkan, harus diberi ruang kreasi PTKI.”

Dalam standar keagamaan ini nantinya juga akan membahas mengenai standar keagamaan yang harus dimiliki oleh Tenaga pendidik dan Kependidikan. Nantinya bila draft ini telah selesai, diharapkan dapat melengkapi SNPT yang telah ada, dan memberikan payung hukum bagi PTKI dalam melakukan penguatan keagamaan. Diharapkan nantinya standar keagamaan ini menjadi Peraturan Menteri Agama, atau setidaknya menjadi SK Dirjen mengenai Standar Keagamaan PTKI. [Saif Z]


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 27/07/2017 Jam: 11:09:24 | dilihat: 824 kali

Berita Terkait