Kemenag Persiapkan AICIS ke-17

Jakarta (Diktis) -- Kegiatan persiapan pelaksanan Annual International Conference Islamic Studies (AICIS) ke 17 ini dilaksanakan di Hotel Best Western Kemayoran Jakarta 31 Juli – 1 Agustus 2017 dengan pembahasan yang melibatkan beberapa pihak dari Tim Sterring Committee.

Dalam rapat tersebut membahas pembukaan AICIS 17 yang dibuka bersamaan dengan Pendis Expo tanggal 21 November 2017, lalu pelaksanaan AICIS 17 akan berlangsung esok harinya pada tanggal 22 November ditandai dengan Keynote Speech: Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama) didampingi Farid Alatas (NUS).

Kasubdit Pengembangan Akademik, Dr. Mamat S. Burhanuddin menambahkan bahwa untuk suksesnya AICIS 17 ada beberapa poin yang harus diperhatikan. "Pertama, Menjaga kualitas akademik, Kedua, Tujuan AICIS adalah untuk penguatan intelectual networking. Agar para dosen dan peneliti memiliki jaringan intelektual dengan tokoh-tokoh dunia sesuai dengan ilmu yg ditekuninya. Peserta dari daerah diberi akses seluas-luasnya untuk memanfaatkan forum ini. Orang daerah harus memaksimalkan forum ini. Mereka bisa bertukar informasi. Bahkan bisa berlanjut untuk melakukan joint research" Kata Mamat.

Terkait pelaksanaan AICIS 17 yang berubah format panel dari tahun-tahun sebelumnya, Prof Mujiburahman dari Tim Sterring Committee mempromosikan beberapa hal agar format panel ini lebih familiar dan dapat dimengerti oleh calon peserta. “ Ada beberapa kampus pascasarjana yang mensyaratkan mahasiswanya untuk terlibat konferensi internasional minimal 1-2 kali sebelum menggarap tesis, seperti kampus di samarinda, palangkaraya dan lain-lain ini perlu digaungkan dan dilibatkan.”

Sekedar informasi bahwa format panel AICIS 2017 ini, ada tiga kategori panel seperti: Invited panel (Jalur undangan oleh masing-masing chair), Selected panel (jalur seleksi) dan Open panel (umum). Pendaftaran peserta AICIS akan ditutup pada tanggal 5 Agustus 2017, untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses laman http://diktis.kemenag.go.id/aicis/. (dnt)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 01/08/2017 Jam: 17:25:46 | dilihat: 1899 kali

Berita Terkait