Sidang Kelulusan SPMB-PTAIN 2013

Bandung (19/07)-Direktorat Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan sidang penetapan kelulusan SPMB-PTAIN Tahun 2013, Kamis-Jum’at, tanggal 18 s.d 19 Juli 2013, di Grand Hotel Preanger, Bandung. Semua Pimpinan Perguruan Tinggi (UIN, IAIN, STAIN) hadir dalam penetapan.

Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.A, menjelaskan bahwa SPMB-PTAIN ini tidak saja dimaksudkan untuk menjaring mahasiswa baru, tapi menjadi piranti pengikat bagi pimpinan PTAIN se-Indonesia dan merajut NKRI. Sebagai peristiwa akademik, tentu kelulusan SPMB-PTAIN berdasarkan nilai akademik murni menjadi prioritas utama seorang calon mahasiswa diluluskan. Bagi Kemenag, data seleksi mahasiswa baru ini untuk dijadikan kebijakan lebih lanjut untuk penguatan kelembagaan PTAI.

Pada acara penutupan, Sekretaris Ditjen Pendis, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A menegaskan pentingnya pengembangan kelembagaan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag. Sebab, selama ini tugas dan beban kerjanya sangat berat ketimbang postur ortakernya. Beliau mencontohkan, untuk menangani guru madrasah yang berjumlah 761 ribu, hanya diurus oleh seorang eselon III. Demikian pula dengan guru-guru Pendidikan Agama Islam yang hanya diurus oleh seorang direktur dan beberapa kepala subdirektorat.

Rekruitmen mahasiswa baru lewat online system sangat penting untuk mengetahui trend arus masuk ke perguruan tinggi. Dari data panitia menunjukkan bahwa arus masuk ke PTAI semakin meningkat. Itu berarti PTAI semakin diminati, dan tidak lagi menjadi perguruan tinggi kelas dua, dan menjadi pilihan terakhir. -mz-


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 22/07/2013 Jam: 13:09:02 | dilihat: 552 kali

Berita Terkait