UIN Riau Siap Jadi Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya Mahasiswa

Pekanbaru – (Diktis) -- Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau memastikan kesediannya untuk menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV Tahun 2018. Kesiapan itu disampaikan Rektor UIN Syarif Kasim Riau Mundzir Hitami saat menerima Tim Visitasi dari Direktorat Pendidikan Tingggi Keagamaan Islam (PTKI), Jumat 15/9 di kampusnya.

Kepada Tim Visitasi Calon Tuan Rumah PW PTK Kementerian Agama RI Mundzir Haitami menyampaikan bahwa UIN Riau mempunyai lahan kampus yang cukup luas 120 Ha, 32.000 mahasiswa dan dukungan infra struktur lain yang memungkinkan penyelenggaraan pramuka PTK se-Indonesia.

Hal lain yang menjadi daya dukung kata Hitami adalah kami mempunyai Racana Pramuka yang cukup aktif dan kerap menyelenggarakan even perkemahan di kampus ini. “Adik-adik Pramuka bersama Kwarda dan Kwarcab sering memfasilitasi ambalan penegak se-Riau untuk menyelenggarakan perkemahan” katanya.

Tohirin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama mengamini apa yang disampaikan rektor dengan mahasiswa terbanyak dikalangan PTKI ini. Tohirin menambahkan, masalah air bersih tidak akan menjadi kendala termasuk di kanan kiri tersedia gedung untuk melakukan kegiatan indoor, dukungan masyarakat yang cukup tinggi dan dari kakak-kakak Purna Racana UIN Sultan Syarif Kasim.

Ruchman Basori Kasi Kemahasiswaan Kementerian Agama RI menyampaikan bahwa penyelenggaraan PW PTK XIV harus mempunyai distingsi dari perkemahan sebelumnya. Perkemahan di Provinsi ini diharapkan menjadi wahana strategis memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme serta kontra radikalisme.

Ditambahkan oleh Ruchman, UIN Riau sebagai kampus yang berada di kawasan Melayu, bisa menjadi destinasi budaya yang akan dikabarkan tidak saja kepada pramuka se-nusantara namun dunia. “Tari jippin, lancam kuning dan pantun-pantun yang khas melayu mnjadi daya tarik tersendiri bagi desiminasi budaya nusantara” tambahnya.

Selain melakukan visitasi ke UIN Riau Kementerian Agama RI juga melakukan visitasi ke UIN Sunan Gunungjati Bandung yang dinominasikan menjadi tuan rumah PW PTK. Tim Visitasi ke UIN Riau terdiri dari Syamsul Rijal Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan se-Indonesia, Afif Ansori Waslitef dan Pembina Pramuka UIN Raden Intan Lampung, Ivan Rahmawan Dosen dan Pembina Pramuka IAIN Surakarta dan Rochima Ismawati JFU pada Diktis.

Syamsul Rijal Ketua Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan PTKIN mengatakan, UIN Sultan Syarif Kasim mempunyai segalanya, sebagai pra syarat menjadi tuan rumah. “kecukupan lahan, kesigapan sumber daya manusia dan keindahan alam meyakinkan kami untuk bertekad menjadikan UIN Riau sebagai tuan rumah PW PTK”, kata Syamsul.

Afif Ansori Waslitef PW PTK mengatakan kondisi area kampus yang rimbun dengan pepohonan menjadi tapak kemah yang bagus. “Saya minta agar ketika melakukan pembuatan tapak kemah yang dibersihkan rumput-rumput dan semak yang mengganggu saja, pohon-pohon yang ada harus dipertahankan” pinta Afif.

Berdasar hasil visitasi selanjutnya Kementerian Agama akan menetapkan antara UIN Riau atau UIN Bandung untuk menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan pada tahun 2018. (Ruchman Basori).


oleh Subdit Penelitian | Edisi Tanggal: 16/09/2017 Jam: 21:12:41 | dilihat: 824 kali

Berita Terkait