Dr. H. Mastuki: “Peserta PPG akan menjalani UKAN”

Bandung (24/07), Begitulah kesimpulan hasil kesepakatan yang telah diambil pada saat Rapat Koordinasi Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), Senin-Rabu, 22-24 Juli 2013 di Bandung.

UKAN adalah kepanjangan dari Ujian Akhir Kompetensi Akhir Nasional. Ujian ini dilaksanakan dengan maksud agar apa yang telah didapatkan oleh peserta selama perkuliahan memiliki tolak ukur yang sama secara nasional. UKAN akan dilaksanakan secara serentak di seluruh LPTK penyelenggara Program PPG pada pertengahan Oktober tahun ini. “Ini merupakan UKAN pertama untuk PPG angkatan I,” tandas Mastuki, saat memipin Rapat.

“UKAN akan menentukan apakah peserta PPG layak lulus atau tidak, sehingga sertifikat yang akan dikeluarkan memang tidak sembarangan dan PPG harus berbeda dengan program sertifikasi lainnya,” jelasnya panjang lebar.

Terkait dengan soal UKAN yang akan di ujikan, Rakor juga telah menyepakati untuk membentuk Tim penyusun UKAN. Tim UKAN ini bertugas untuk mempersiapkan Kisi-kisi soal, bahan soal validasi Soal dan sampai pada proses pelaksanaan UKAN.

Tim tersebut terdiri dari 4 perwakilan yaitu, pertama dari UIN Syarif Hidayatullah jakarta, IAIN Raden Fatah Palembang, UIN Alaudin Makasar dan perwakilan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam.

Tim UKAN akan melakukan koordinasi dengan para pengelola LPTK untuk menyiapkan soal ujian. Setiap LPTK diwajibkan membuat 50 Soal ujian yang terdiri 4 kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesional. Hal ini sesuai dengan Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Soal tersebut kemudian dikirim kepada tim penyusun UKAN untuk dilakukan validasi.

“Diharapkan seluruh rangkaian persiapan UKAN bisa selesai secepatnya dan ditargetkan sebelum lebaran soal sudah masuk pada bank soal UKAN,” harap Anis Masykhur, Kasi Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tingi Islam.

Setelah rangkaian UKAN selesai maka tahap terakhir adalah pengukuhan. Pengukuhan merupakan miniatur wisuda bagi peserta PPG. ***4l1f**


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 27/07/2013 Jam: 13:32:55 | dilihat: 876 kali

Berita Terkait