Kemenag Kembangkan Perpustakaan Digital Jurnal Penelitian

Tangerang (Diktis) – Untuk meningkatkan mutu publikasi ilmiah di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Kementerian Agama tengah mengembangkan portal akademik moraref.kemenag.go.id. Portal ini menjadi ukuran kualitas jurnal yang ada di lingkungan PTKI.

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Setjen Kemenag Mastuki mengatakan bahwa portal ini dapat dimanfaatkan sebagai layanan online perpusatakaan digital Kementerian Agama yang dapat diakses secara luas. “Para peneliti bisa memanfaatkan data-data hasil penelitian yang begitu banyak dan kaya pada portal Moraref. Portal ini ibarat perpustakaan digital di Kementerian Agama yang menyediakan data dari seluruh hasil penelitian para dosen”, ungkap Mastuki saat memberikan materi pada kegiatan Focus Group Discussion Penguatan Pangkalan Jurnal Moraref, Senin (4/12) di Tangerang.

Dikatakan Mastuki, hasil-hasil penelitian yang dipublikasikan pada portal moraref dapat dijadikan rujukan sebagai dasar kebijakan. Untuk itu, portal moraref diharapkan menjadi rujukan pangkalan data publikasi ilmiah di lingkungan Kementerian Agama, termasuk hasil-hasil penelitan pada Balitbang Kemenag. “Portal penelitian lain yang ada dapat melebur menjadi satu dalam pengelolaan bersama portal Moraref. Portal penelitian lainnya nanti harus memberikan data jurnal kepada portal Moraref”, kata Mastuki.

Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat Muhammad Zain mengatakan bahwa portal moraref dapat diakses pada laman moraref.kemenag.go.id. Menurut Zain, saat ini portal Moraref telah mengindeks 789 jurnal, 21.253 artikel dan 21,713 penulis artikel. “Portal ini telah terintegrasi dengan layanan online Kementerian Agama dan diharapkan menjadi portal rujukan yang dapat diakses oleh perguruan tinggi seluruh Indonesia dan luar negeri”, ungkap Zain. (wildan)


oleh Subdit Penelitian | Edisi Tanggal: 04/12/2017 Jam: 12:45:20 | dilihat: 422 kali

Berita Terkait