PERLU ‘BOARDING’ BAGI PESERTA PPG

Bandung, 25/07. Rapat Koordinasi LPTK Penyelenggara Program Profesi Guru (PPG) yang berlangsung sejak tanggal 22-24 Juli di Bandung mengemuka gagasan agar LPTK Penyelenggara PPG memberikan fasilitas asrama (boarding) bagi peserta PPG. Hal ini disampaikan oleh Mastuki, Kasubdit Kelembagaan Diktis dalam pertemuan dengan 12 LPTK pengelola PPG. “Penyediaan fasilitas asrama bagi peserta PPG ditujukan agar aktivitas akademik program PPG lebih fokus dan terarah. Guru di lingkungan madrasah harus mempunyai distingsi yang kuat,” tandasnya. Pewujudan distingsi itu antara lain bisa dalam rangka penguatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. “Bisa juga penyelenggara memperkuat muatan kompetensi khusus, seperti bahasa,” papar Anis Masykhur, saat memimpin forum. Untuk kepesertaan PPG rekrutmen baru, Diktis berkomitmen untuk melakukan seleksi dan pembinaan yang lebih ketat terhadap kompetensi guru agar mampu melaksanakan tugas pendidikan secara lebih profesional.

Koordinasi LPTK Penyelenggara Program Profesi Guru (PPG) merupakan wadah koordinasi, komunikasi, dan dialog antara LPTK pengelola program PPG dengan Kementerian Agama RI guna membahas hasil-hasil yang telah dicapai dan kendala-kendala yang dihadapi selama penyelenggaraan program PPG serta merumuskan keberlanjutan program ke depan. Hasil koordinasi dan diskusi merangkum beberapa hal antara lain persiapan program Aplikasi Sertifikasi Guru (ASG) bagi Peserta PPG, pelaksanaan Uji Kompetensi Akhir Nasional (UKAN) bagi peserta PPG yang telah menyelesaikan perkuliahan, serta desain keberlanjutan pengembangan program PPG setelah kelulusan.

Hasil kesepakatan yang telah dicapai dalam pertemuan dan koordinasi tersebut diharapkan mampu dilaksanakan secara efektif agar tujuan utama program PPG dalam meningkatkan kualitas professional guru, menghasilkan guru yang bersertifikat pendidik, dan meningkatkan mutu pendidikan dapat tercapai secara optimal sesuai target yang ditentukan. **na2**


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 27/07/2013 Jam: 13:45:35 | dilihat: 815 kali

Berita Terkait