DIKTIS Gelar Rapat Koordinasi Percepatan PTKI Menjadi Unggul Tahun 2019

Yogyakarta (Diktis) – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktorat Pendidikan Islam bekerjasama dengan Presidium LPM PTKIN menyelenggarakan Rapat Koordinasi Percepatan PTKI Menjadi Unggul Tahun 2019, Senin-Rabu, 12-14 Februari 2018 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hadir pada acara tersebut Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag (Direktur PTKI), Agus Sholeh, M.Ed (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama), Zidal Huda, MH (Kasi Penjaminan Mutu), Lelis Tsuroya, M.Si (Kasi Pembinaan Kelembagaan PTKIN) serta para pimpinan LPM/PPM dari masing-masing PTKI Negeri seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Arskal menyampaikan bahwa terkait akreditasi kita harus serius menanganinya karena ini adalah amanah dari undang-undang 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. “Saya melihat semangat yang luar biasa dari para pimpinan PTKI untuk meningkatkan akreditasi baik program studi maupun Institusi”, jelasnya.

“Dukungan untuk percepatan PTKI menjadi unggul tahun 2019 tidak hanya berupa kebijakan, regulasi dan SDM namun juga ketersediaan anggaran yang memadai, butuh trik khusus agar bisa menganggarkannya”, jelas Arskal.

Prof. Arskal menyampaikan bahwa secara prinsip Direktur Jenderal Pendidikan Islam menyetujui adanya program pendampingan akreditasi, tetapi masih perlu dicarikan formulasinya yang tepat agar bisa dipergunakan untuk peningkatan mutu.

Sementara itu Agus Sholeh selaku Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama menyambut baik kegiatan ini dan berharap forum ini bisa membuat aspirasi untuk program PTKI menjadi unggul baik diskala nasional maupun international. Saat ini ada 3 (tiga) UIN yang terakreditasi A, saya berharap dari 3 (tiga) lembaga ini menjadi pendamping bagi PTKI lain agar bisa terakreditasi A semua. “Saling berbagi pengalaman dan informasi agar memudahkan dalam pelaksanaan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT)", harap agus.

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain penjaminan mutu eksternal (SPME) melalui sistem akreditasi maka sistem penjaminan mutu internal (SPMI) merupakan hal yang tidak bisa diabaikan.

Berikut hasil rekomendasi Rakor Forum Penjaminan Mutu Percepatan PTKI Menjadi Unggul Tahun 2019: melakukan koordinasi bersama dengan Asesor PTKI, advokasi pendampingan PTKIN untuk akreditasi, koordinasi tim LAM dengan LPM, penyamaan persepsi pimpinan PT dengan LPM, pelatihan auditor/asesor PTKIN, terbentuknya Direktorat Penjaminan Mutu di Kementerian Agama, pendirian prodi baru merujuk kepada akreditasi minimal BAN PT dan program-program yang mendorong peningkatan mutu PTKI.

Penulis: Alip N


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 15/02/2018 Jam: 12:49:11 | dilihat: 601 kali

Berita Terkait