DIR. PTKI : DISTINGSI INTEGRASI KEILMUAN PTKI HARUS DIPERKUAT

Jakarta (Diktis) --- Konsep integrasi keilmuan sebagai distingsi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam sudah tertulis sejak keluarnya UU 12 tahun 2012 dan dalam perkembangan transformasi IAIN menjadi UIN, masing-masing UIN memiliki konsep yang beragam terkait integrasi ilmu tersebut.

Menyadari hal itu Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam memfasilitasi diskusi tentang penyusunan pola konsep ini dengan mengadakan FGD (Focus Group Discussion) Pengembangan Akademik yang dilaksanakan pada senin (9/07/2018) di Hotel Golden Tulip Jakarta.

Dalam paparannya Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim menegaskan bahwa distingsi integrasi keilmuan harus diperkuat.

“Perlu ada langkah praksis dalam memperkuat distingsi integrasi keilmuan di PTKI” Tegas Arskal Salim

Lebih lanjut professor yang pernah mengenyam pendidikan di University of Melbourne ini mengatakan paradigma integrasi keilmuan yang sudah berkembang pada masing-masing perguruan tinggi ini perlu dikomunikasikan dengan baik pada publik.

“Paradigma integrasi keilmuan ini harus segera diturunkan dalam bentuk kurikulum, buku teks, modul dan peningkatan SDM agar dapat ditangkap oleh publik. Dengan transformasi menjadi UIN, integrasi kelimuan menjadi mandat yang harus dilaksanakan” Kata Arskal

Sementara Kasubdit Pengembangan Akademik, Mamat S. Burhanuddin menyampaikan bahwa penysusunan panduan integrasi ilmu ini tidak untuk menyeragamkan seluruh perguruan tinggi keagamaan islam dalam konsep integrasi ilmu.

“Keragaman konsep dan corak integrasi ilmu di masing-masing PTKI perlu dihargai, bukan hanya pola tapi strategi dan pola penerapan integrasi” Jelas Mamat.

Dalam forum ini hadir beberapa guru besar seperti Prof. Atho Mudzhar, Prof. Rusmin Tumanggor, Prof. Sutrisno, Prof. Noorhaidi Hasan, Prof. Anton Athoillah, Prof. Mardan, Prof. Mudjia Raharjo, Prof. Suaidy Asy’ari dan undangan dari UIN Surabaya, UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Semarang. (dinata)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 12/07/2018 Jam: 08:07:43 | dilihat: 1123 kali

Berita Terkait