36 LPM PTKI Perkuat Kurikulum dengan Moderasi Islam

Batam (DIKTIS) --- Dalam Bimbingan Teknis Panduan Penyusunan Kurikulum yang diselenggarakan DIrektorat Pendidikan Tinggi Islam hadir 36 LPM (Lembaga Penjamin Mutu) dari PTKIN yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka bersepakat bahwa moderasi islam dan kurikulum yang aplikatif harus diperkuat

Mengembangkan kurikulum yang applicable dan responsive terhadap perkembangan zaman adalah tuntutan pendidikan saat ini. Direktorat PTKI berencana mengembangkan PTKI yang lebih macro oriented dan menyentuh secara riil kondisi umat islam, mengingat perguruan tinggi-perguruan tinggi seluruh dunia terus berupaya meningkatkan ranking dan capaian prestasi yang makin menanjak, PTKI tidak boleh menutup mata untuk mengembangkan kurikulumnya.

Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim yang hadir pada Forum Kajian Ilmiah pada Selasa (24/07/2018) di Batam, mengingatkan bahwa integrasi ilmu dan moderasi islam dapat masuk melalui strategi pengembangan kurikulum yang tepat.

“Pengembangan kurikulum harus mengikuti tren, lokalitas dan kemajuan teknologi informasi karena ini adalah strategi yang tepat dalam mewujudkan integrasi keilmuan dan moderasi islam ” Ujar Arskal.

Dengan adanya panduan yang dirilis Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, bukan berarti local wisdom pada masing-masing PTKI tereliminasi, namun Kementerian Agama tetap memberikan ruang untuk inovasi sesuai keragaman dan kebutuhan masing-masing Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. (Dinata)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 27/07/2018 Jam: 15:58:02 | dilihat: 738 kali

Berita Terkait