DIKTIS Rumuskan Regulasi Pengembangan Kurikulum Program Pascasarjana

Malang (DIKTIS)---Direktorat PTKI Ditjen Pendis Kementerian Agama RI terus berupaya meningkatkan kualitas mutu akademik PTKI agar sesuai dengan standar akademik. Salah satunya melalui forum asosiasi yang akan merumuskan panduan SKL-CPL berstandar KKNI program pascasarjana PTKI. Statement tersebut diungkapkan Kasubdit Pengembangan Akademik Mamat S. Burhanudin saat memberikan pengarahan kegiatan workshop asosiasi, pada (23/10/2018) di Hotel Swiss Bell Inn Malang.

"Saya berharap forum ini melahirkan regulasi yang dijadikan panduan dalam mengembangkan kurikulum Program Pascasarjana PTKI, karena untuk Jenjang Sarjana Panduan SKL - CPL sebanyak 55 prodi sudah dipublish, dan dapat diakses-didownload melalui web Diktis" Terangnya.

Menurut Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini terdapat banyak manfaat dalam penyusunan Panduan SKL - CPL program Pascasarjana, diantaranya adalah untuk akreditasi PTKI.

Berdasarkan informasi dari BAN-PT lanjut Mamat, PTKI masih lemah dalam penjabaran kurikulum yang sesuai dengan prodi yang ada, karena selama ini pengembangan itu melalui ijtihad dari PTKI masing-masing. Dan hal itu sangat berpengaruh terhadap hasil penilaian akreditasi.

Untuk itu, forum ini diharapkan menghasilkan rumusan kebijakan yang akan dijadikan panduan SKL-CPL pada program Pascasarjana PTKI.

Mengamini apa yang disampaikan Kasubdit, Kasi Evaluasi Kurikulum Ahmad Mahfudz, dalam sambutan laporan menyatakan bahwa workshop ini diadakan untuk merumuskan kebijakan pengembangan kurikulum yang harus dilakukan oleh Pendis sebagai regulator dan fasilitator dengan cara mengumpulkan para akademisi untuk merumuskan mutu kualitas SKL - CPL berstandar KKNI pada PTKI.

"Alhamdulillah Para peserta ini sudah siap tempur karena draft sudah mereka siapkan jauh hari sebelumnya, Insyaallah draft SKL-CPL program Pascasarjana ini akan dibahas selama 3 hari ke-depan menjadi pedoman pada PTKI" Jelasnya.

Workshop Asosiasi Tahap II ini diselenggarakan pada tanggal 23-25 Oktober 2018 di Hotel Swiss Bell Inn Malang. Diikuti oleh 15 ketua Prodi Program Magister dan Doktor, 3 Ketua asosiasi dan 1 sekretaris asosiasi. Tampak hadir pula Kasi Evaluasi Akademik, Kasi Pengembangan Mutu Akademik serta Kasi Pembinaan Prodi.(ummu)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 26/10/2018 Jam: 09:35:16 | dilihat: 262 kali

Berita Terkait