Menuju World Class University, Kemenag Gelar Rakor Peningkatan Mutu Dengan AIUA

Solo-(Kemenag) Dalam rangka peningkatan mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam menuju world class university Kemenag menggelar rapat koordinasi peningkatan mutu dengan Asian Islamic University Association (AIUA) 28-30/10/2018 di Solo. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh lembaga penjaminan mutu PTKI-Negeri yang berjumlah 58 lembaga.

Kegiatan ini kami selenggarakan dalam rangka untuk mensosialisasikan Asian Islamic University Association (AIUA) kepada seluruh stake holder PTKI-Negeri”, jelas Agus Sholeh Kasubdit Kelembagaan dan kerjasama saat menyampaikan laporan. “Saat ini terdapat 20 PTKI-Negeri yang akan menghadapi visitasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan target nilai A sebagai bagian dari obsesi kita untuk lebih maju dan unggul baik secara nasional maupun international”, harapnya.

Dari forum ini semoga kita bisa saling berbagi pengalaman terutama dalam mengantisipasi visitasi dari BAN-PT.

Menurut rektor IAIN Surakarta Dr. Mudofir, M.Pd berharap AIUA bisa menjadi wadah untuk saling tukar pengalaman dan pertukaran ide agar PTKI kita bisa maju bersama sehingga nampak kekuatan PTKI ini dilevel Internasional. “Kami sangat berterima kasih kepada Direktorat PTKI atas terselenggaranya rakor AIUA ini tentu saja kita akan selalu bergerak untuk kemajuan dan keunggulan PTKI secara bersama-sama, harap Mudofir.

Presiden AIUA Prof. Dr. KH. Yudhian Wahyudi menyampaikan bahwa AIUA ini sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu dan kualitas PTKI kita. “AIUA menjadi penting karena PTKI kita akan menuju World Class University, kebutuhan Penjaminan Mutu Eksternal, kesiapan PTKI dalam Akreditasi 9 Kriteria, kebutuhan akreditasi internasional dan kerjasama internasional yang terbatas”, jelasnya.

Dalam rangka mewujudkan cita-cita dan harapan tersebut maka beberapa program yang telah dirancang oleh AIUA adalah joint research, business economic partnership, knowledge dissemination, joint award, student exchange, dan quality assurance.

Selain program-program telah disiapkan AIUA terus berusahan menjalin peluang kerjasama dengan perguruan tinggi dunia, jelas Yudian.

Kami berharap seluruh pimpinan dan stake holder kampus memiliki visi dan misi yang sama untuk menjaga mutu dan kualitas pengelolaan PTKI sehingga target PTKI terakreditasi unggul dapat tercapai”, jelas Zidal Huda Kasi Penjaminan Mutu PTKI. “AIUA akan akan terus kita kawal guna meningkatkan mutu dan kualitas PTKI kita menuju dunia”, harapnya.

(Alip N)


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 05/11/2018 Jam: 07:04:02 | dilihat: 280 kali

Berita Terkait