Bahas Struktur Kelembagaan Kemenag Gelar Rapat Koordinasi Kopertais

Serpong - (Kemenag) Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam Direktorat PKTKI menggelar rapat koordinasi Kopertais membahas tentang reformasi dan strukturisasi kelembagaan kopertais. Kegiatan yang berlangsung pada 21-23/11/18 di Serpong ini diikuti oleh pimpinan kopertais seluruh Indonesia.

Kopertais sebagai perpanjangan tangan dari kementerian yang menangani pendidikan tinggi keagamaan Isam swasta perlu memiliki peguatan struktur agar fungsi pembinaan, pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan PTKI berjalan dengan baik”, jelas Arskal Salim Direktur PTKI.

Status kelembagaan kopertais sesuai dengan Orteker Kementerian Agama nomor 42 tahun 2015 memungkinkan untuk berubah menjadi unit pelaksana teknis PTKI yang akan berfungsi untuk menterjemahkan seluruh tupoksi yang ada di pusat ke daerah. “Kami berharap usulan perubahan ini berasal dari pimpinan kopertais sebagai lembaga yang selama ini merasakan perjuangan langsung dalam meningkatkan mutu dan kualitas PTKI swasta”, jelas Arskal.

Dengan struktur UPT akan lebih mudah untuk memberikan layanan dan pengawasan mutu penyelenggaraan PTKI hal ini dikarenakan kebutuhan dalam melayani kebutuhan PTKIS cukup tinggi seiring dengan berkembangnya akses PTKI.

Kasubdit kelembagaan dan kerjasama Agus Sholeh menyampaikan bahwa kopertais harus menjadi garda depan dalam membina dan mengawasi penyelenggaraan PTKIS. “Seluruh layanan pembukaan program studi dan PTKI baru wajib melampirkan rekomendasi kopertais, tanpa rekomendasi secara otomatis kami tolak”, jelasnya.

“Target dari kegiatan rakor ini adalah restrukturisasi kelembagaan kopertais, sosialisasi instrumen akreditasi perguruan tinggi dan akreditasi program studi serta presentasi program kerja masing-masing kopertais”, jelas Amiruddin Kasi Bina Kelembagaan PTKIS. Hadir sebagai narasumber Dr. Suparto dan Dr. Sururin asesor dari BAN PT untuk mensosialisasikan instrumen akreditasi terbaru.

(Alip N)


oleh Subdit Kelembagaan & Kerjasama | Edisi Tanggal: 22/11/2018 Jam: 22:36:21 | dilihat: 436 kali

Berita Terkait