Kemenag perkuat mutu PTKI dengan Penilaian Pengajuan Pembukaan Program Studi Baru

Palembang (DIKTIS) Kementerian Agama melalui Ditjen. Pendidikan Islam Dit. PTKI menyelenggarakan Penilaian borang Pembukaan Program Studi Baru pada PTKI. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28 – 30 November di Palembang, yang melibatkan para reviewer (tim asesor).

“Tim reviewer memiliki peran penting dan turut andil melakukan penilaian terhadap borang pembukaan prodi baru yang diajukan oleh lembaga PTKI, hal ini menjadi salah satu pertimbangan dan acuan subdit pengembangan akademik dalam menerbitkan Surat Keputusan (SK), sebagai landasan perguruan tinggi keagamaan islam dapat melangkah selanjutnya pada prosedur berikutnya”. ujar Kasubdit Pengembangan Akademik Dit PTKI dalam pembukaan kegiatan.

Kasi Pembinaan Program Studi Solahuddin Ahmad menjelaskan, sedianya penilaian borang pembukaan prodi baru saat ini adalah penilaian bagi yang mengusulkan pada periode ke-3. Dalam setahun terdapat 3 periode pengajuan usulan pembukaan prodi baru, periode pertama adalah bulan Januari – Februari, periode ke-2 bulan Mei – Juni, periode yang ke-3 berlangsung dari bulan September – Oktober. Adapun penilaian dan validasi dilakukan diluar jadwal tersebut.

Beberapa tim reviewer atau asesor yang hadir pada kegiatan dimaksud, mereka adalah Dr. Al Fatih Suryadilaga, Dr. Nurul Irfan, Dr. Hamidah, Dr. Ahmad Tholabi Karlie dan Prof. Dr. Miftah Arifin. Mereka bertugas menyelesaikan tugas penilaian usulan prodi baru selama 3 hari.

"Penilaian ini tentunya harus dapat melihat mutu dan kualitas dari pada komponen dan syarat ketentuan usulan program studi baru yang diajukan secara online. Target yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah pengendalian dan penguatan serta kontrolisasi yang bersinergi antara pemangku kebijakan Kemenag dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam pengembangan manajemen pengelolaan program studi di lingkungan PTKI, sehingga memiliki arah yang jelas dalam memajukan pendidikan keagamaan islam”, jelas Mamat S Burhanuddin selaku Kasubdit Pengembangan Akademik. (yuri)


oleh Subdit Akademik | Edisi Tanggal: 03/12/2018 Jam: 08:50:55 | dilihat: 186 kali

Berita Terkait