Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa PTKI Masuki Babak Final

Serpong— Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tingkat Nasional masuki babak final. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam mengundang 23 nominator untuk mempresentasikan hasil karya yang ditulisnya.

Imam Safe’i Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Islam merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada para finalis atas keikutsertaan dan perjuangannya sampai masuk babak final di ajang bergengsi dikalangan mahasiswa PTKI.

Imam Safe’i berpesan kepada para nominator untuk mentradisikan menulis yang dipandangnya akan merubah kehidupan. “Gagasan yang hanya dipikirkan akan lenyap di telan waktu, gagasan yang di tulis akan abadi di kenang pembaca, dan gagasan yang dikerjakan akan di kenang sepanjang zaman” kata Imam, saat membuka kegiatan Presentasi Nominator KKTM pada Kamis (4/12) di Serpong.

“Kalau sebuah ide atau gagasan itu dijalankan oleh banyak orang maka sejatinya andalah disebut the real leader”, tandas Imam.

Imam melanjutkan orang yang hebat itu di ukur dari dua hal yaitu kemamuannya dia berbicara dan menulis. Kedua kemampuan itu membutuhkan membaca baik membaca tulisan membaca fenomena.

Doktor riset Universitas Negeri Jakarta ini menyarankan kepada para mahasiswa bahwa untuk memulai menulis bisa berangkat dari empat aktivitas, yaitu berfikir, menulis yang difikirkan, mengerjakan yang di tulis dan menulis yang dikerjakan.

Safriansyah Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan mengatakan panitia menerima hampir 1000 artikel dan essay. Dari sekian karya itu dinilai oleh dewan juri dan muncul 23 nominator sebagai calon juara, terbagi dalam empat katagori, artikel indivisu, artikel kelompok, essay indivisu dan essay kelompok.

Diantara mahasiswa yang beruntung masuk babak final (nominator), kata Safri adalah berasal dari UIN Jogjakarta, UIN Bandung, UIN Surabaya, UIN Pekanbaru, IAIN Kudus, IAIN Salatiga, IAIN Surakarta, IAIN Tulungagung, IAIN Kediri, IAIN Metro Lampung, IAIN Manado, FAI Uiniversitas Ibrahimi Situbondo, UNISNU Jepara, STIQ Al-Quran Ittifaqiyah Ogan Ilir Sumsel, dan Universitas Nurul Jadid Probolinggo.

KKTM PTKI Tingkat Nasional telah dibuka pendaftarannya pada tanggal 1-23 November 2018 dan telah melalui beberapa tahap sampai pada presentasi niminator yang mengangkat tema-tema mengedepankan moderasi beragama.(RB)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 06/12/2018 Jam: 07:02:32 | dilihat: 249 kali

Berita Terkait