Bulan Ramadlon, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Tulungagung Gelar Pengabdian Masyarakat

Tulungagung–Sejumlah Mahasiswa Pascasarjana (S2) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Tulungagung mengadakan pengabdian masyarakat di SMPN 1 Tulungagung yang diberi tajuk: “Empowering of Educational Character in Ramadhan”.

Pendidikan karakter sangat erat kaitannya dengan upaya membangun bangsa yang religius dan beradab di tengah arus zaman yang kian hari makin mengalami krisis karakter dan degradasi moral. “Menguatkan pendidikan karakter dengan mengedepankan nilai-nilai religiusitas dengan dijiwai spirit Islam Nusantara menjadi hal yang menarik”.

Agus Zaenul Fitri Kepala Program Studi S2 PAI mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Prodi S2 PAI dengan SMPN 1 Tulungagung. “Selama ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat hanya dilaksanakan oleh para dosen, untu mahasiswa dirasa masih kurang”.

“Mahasiswa memiliki pengalaman yang berharga sebagai calon pendidik, peneliti dan konsultan dalam bidang Pendidikan Agama Islam”, ujarnya.

Lailatuzz Zuhriyah Sekretaris Prodi S2 PAI menuturkan kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang di dalamnya di isi dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran serta penelitian dalam bentuk literasi.

Selain itu lanjut Lailatuzz Zuhriyah, kegiatan di isi dengan pelbagai amaliyah ramadlon, seperti Shalat Dhuha berjamaah, tadarus Al-Quran, penyampaian materi pendidikan karakter dan dilanjutkan dengan Shalat Dzuhur berjamaah. Untuk menghindari kebosanan peserta didik, diadakan “Nonton Bersama” film pendidikan karakter, model pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan pendekatan drama, menyanyi, dan juga ice breaking.

Kegiatan pengabdian masyarakat bagi calon magister Pendidikan Islam ini dilaksanakan pada tanggal 24-28 Mei 2019 di SMPN 1 Tulungagung dan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh angkatan, 2016-2018 juga alumni.

Akhyak Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Prodi S2 PAI. “Kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari perilaku kecendekiawanan mahasiswa dan dosen agar memberikan kemanfaatan masyarakat”, katanya.

“Bagi saya kegiatan ini dapat menjadi media latihan dalam pengembangan intelektualitas para mahasiswa dan akan mendukung peningkatan akreditasi S2 PAI menuju IAIN Tulungagung sebagai Kampus Dakwah dan Peradaban”, tutur Guru Besar Filsafat Pendidikan.

Fauji Kepala SMPN 1 Tulungagung menyambut dan berharap agar kegiatan yang bernilai positif ini dapat diselenggarkan pada tahun yang akan datang. “Kegiatan ini sangat disukai anak-anak dan menjadi sesuatu yang berkesan dalam pegalaman keagamaan mereka”.

“Bagi para Mahasiswa S2 Prodi PAI kegiatan ini akan memperkuat pembelajaran micro teaching dan memberikan pengalaman mengajar yang berharga”, katanya.

Sebelmnya Pascasarjana IAIN Tulungagung telah sukses menggelar “Program of Academical Action in Ramadhan” yang dikemas dalam bentuk kegiatan bedah buku dan Launching Beasiswa Guru Madin Jawa Timur, pada 23 Mei 2019 lalu. (LZ/RB).


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 02/06/2019 Jam: 17:41:14 | dilihat: 143 kali

Berita Terkait