Berkat SBSN IAIN Padangsidimpuan Bangun Perpustakaan

Padangsidimpuan—Pada akhir Desember 2019 IAIN Padangsidimpuan akan memiliki gedung perpustakaan yang megah yang kehadirannya sangat ditunggu oleh civitas akademikanya. Saat ini progres pembangunannya telah mencapai 65 persen.

Rektor IAIN Padangsidimpuan Ibrahim Siregar mengatakan keberadaan perpustakaan sangat penting bagi perguruan tinggi, karena dapat dikatakan sebagai jantungnya kampus. “Denyut nadi keilmuan dan penelitian sebuah perguruan tinggi akan terus bergerak dengan dukungan perpustakaan yang representatif”, tuturnya.

Alumni UIN Sumatera Utara ini keberdaaan perpustakaan yang sebentar lagi akan selesai akan menambah bobot penilaian dan persiapan kami menuju Universitas Islam Negeri. “Publik harus tahu bahwa kami insya Allah layak menjadi UIN karena telah didukung dengan kecukupan lahan, sarana fisik yang memadahi, jumlah mahasiswa dan sumber daya manusia yang berkualitas”, kata Ibrahim.

Di tempat terpisah, Arskal Salim Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam mengatakan kami terus memberikan support untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan pada PTKI dengan berbagai skema pembiayaan, salah satunya melalui dana SBSN.

Arskal berharap dengan pembangunan perpustakaan di IAIN Padangsidimpuan akan menambah semangat dan motivasi para dosen, tenaga kependidikan apalagi mahasiswa dalam mendedikasikan diri dalam keilmuan.

“Membaca adalah kunci penguasaan terhadap ilmu, sementara perpustakaan adalah prasyarat penting untuk berselancar mengarungi perahu kehidupan dan peradaban”, kata Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah ini.

Pembangunan Gedung Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan berdiri di atas tanah seluas 4.400 m2 dengan luas bangunan 4000 m2. Direncanakan dengan 3 lantai dengan nilai Rp 22.248.600.000 .

Ruchman menerangkan proyek pembangunan dengan dana SBSN Tahun 2019 yang diamanahkan kepada Ditjen Pendidikan Islam diperuntukan untuk membangun sarana prasarana pendidikan di 35 PTKIN dengan total anggaran Rp. 1.269,87 M. Perinciannya adalah 38 Gedung Kuliah, 5 Perpustakaan, 4 laboratorium, 4 auditorium, dan 1 gedung ma’had ’aliy.

Sementara 6 PTKIN menggunakan anggaran SBSN multi years contrak untuk membangun 40 gedung pendidikan dengan pagu anggaran 3 Trilyun dalam 4 tahun. Sampai dengan tahun anggran 2019 total anggaran untuk SBSN sebesar Rp. 4.8 Trilyun dalam lima tahun terakhir.

Peninjauan lokasi pembangunan perpustakaan dilakukan oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan dengan didampingi oleh Anhar Wakil Rektor II, Sumper Mulia Harahap Wakil Rektor III, Salim Pokja SBSN IAIN Padangsidimpuan, Ruchman Basori Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan, dan Pengelola SBSN di 41 PTKIN.(RB)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 01/11/2019 Jam: 05:12:22 | dilihat: 57 kali

Berita Terkait