IAIN SURAKARTA LUNCURKAN SATU HARI BATIK

Sukoharjo - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta 2013/2014 menggelar kegiatan Semarak Satu Hari Batik (SAHABAT) di kampus setempat, Selasa (2/4). Kegiatan ini bertema Budayaku Tenggelam Dalam Modernitas. Rangkaian acara meliputi Peresmian Satu Hari Batik dengan pembacaan pengesahan hari batik IAIN Surakarta setiap hari Rabu dan Penyematan Duta Batik IAIN Surakarta yang dipilih oleh Wakil Rektor III IAIN Surakarta, Drs. Yusup Rohmadi, M.Hum.

Ada empat mahasiswa yang menjadi duta batik IAIN Surakarta mereka adalah Ade Setyawan (2010), Lutfi Al Hakim (2011), Farah Mutia (2011), dan Fitri Azizah (2011). Tugas dari Duta Batik IAIN Surakarta ini kedepannya mempromosikan kepada mahasiswa dan civitas akademika IAIN Surakarta untuk setiap hari Rabu bisa mengenakan seragam Batik.

Selain itu BEM juga menyelenggarakan talk show terkait kebudayaan dengan narasumber Drs. Abdullah Faishol, M.Hum dari Pusat Bahasa & Budaya IAIN Surakarta dan Sigit Purwanto seorang Praktisi Budaya Remaja. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan wayang kulit dari kerjasama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dengan judul Remaja & Budaya Jawa oleh M. Heru Susilo. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan budaya Jawa kepada mahasiswa IAIN Surakarta yang saat ini budaya Jawa sudah mulai tenggelam oleh modernitas.

“Harapannya dari kegiatan ini, mahasiswa lebih njawani dan mengenal lebih dekat budaya Jawa,” terang Rendi Handoko, Presiden BEM IAIN Surakarta dalam sambutannya. (agus)


oleh anis masykhur | Edisi Tanggal: 08/04/2014 Jam: 15:08:03 | dilihat: 950 kali

Berita Terkait