UPACARA PEMBUKAAN IPPBMM V 2014

Surakarta – Gelaran acara Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa (IPPBMM) yang tiap 2 tahun sekali diadakan oleh Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Jawa, kali ini dilaksanakan di IAIN Surakarta. Kegiatan tersebut diikuti oleh 9 kontingen dari PTAIN se-Jawa yaitu; IAIN Surakarta, IAIN Tulung Agung, STAIN Purwokerto, STAIN Pekalongan, STAIN Salatiga, STAIN Kudus, STAIN Ponorogo, STAIN Kediri, STAIN Jember.

Acara pembukaan IPPBMM dilaksanakan di Boulevard IAIN Surakarta yang diawali dengan sajian Drum Band dan tarian Rampak Kipas Prada Bali yang dipersembahkan oleh mahasiswa dan mahasiswi IAIN Surakarta. Upacara pembukaan ini diikuti semua kontingen, panitia, beserta para tamu undangan, mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan IAIN Surakarta dan juga masyarakat sekitar yang menambah semarak acara ini.

Dalam sambutannya Drs. Madjiduddin sebagai ketua panitia IPPBMM V menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertanding kepada semua para peserta dan kontingen yang berjumlah 557 orang yang terdiri dari 352 Putra dan 205 putri. Kegiatan ini akan dilaksankan selama 2 hari mulai dari hari Jum’at dan Sabtu. Beliau berharap semua acara dapat berjalan dengan lancar.

Dan untuk pembukaan secara resmi kegiatan IPPBMM dilakukan oleh Rektor IAIN Surakarta Dr. Imam Sukardi M.Ag. Dalam sambutanya beliau menyampaikan 3 jenis kompetisi dalam IPPBMM yaitu Olahraga, Seni dan Karya Ilmiah. Meliputi bulutangkis, futsal, tenis meja, voli, catur, panjat dinding, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Kaligrafi, pidato bahasa Arab dan bahasa Inggris, baca puisi, Musabaqah Menulis Kandungan Qur’an (M2KQ), dan menulis esai.

Tak lupa pula beliau juga menyampaikan selamat datang kepada semua kontingen, serta berpesan untuk selalu menjaga sportifitas, dan sesuai role of the game. Karena IPPBMM ini bukan masalah kejuaraannya namun lebih kepada masalah jalinan silaturahmi anatara perguruan tinggi Islam negeri.Sebagai tanda pembukaan acara IPPBMM ini secara simbolis dilakukan pemukulan gong dan pelepasan balon udara.

Dalam acara pembukaan ini untuk menjaga sportifitas juga dilakukan pembacaan janji atlet dan wasit agar semua mentaati dan dapat menjalankan semua peraturan yang berlaku dalam kegiatan IPPBMM V. Dan upacara pembukaan IPPBMM V ini diakhiri dengan pembacaan do’a oleh bapak Aminudin Ikhsan M.Ag. (http://porseni.iain-surakarta.ac.id/?p=115)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 15/06/2014 Jam: 13:36:55 | dilihat: 828 kali

Berita Terkait