UIN SUNAN KALIJAGA RAIH PENGHARGAAN TOP NATIONAL TeSCA WINNER 2014

Bertempat di Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta, Selasa (17-Juni-2014) Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof. Dr. H. Musa Asy’arie menerima penghargaan Telkom Smart Campus (TeSCA) Award 2014 sebagai Top National Winner. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh beserta Direktur Utama PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Tbk. Arif Yahya kepada Rektor. TeSCA award ini merupakan penilaian atas keberhasilan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam aspek tata-kelola dan implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di lingkungan pendidikan tinggi.

TeSCA adalah sebuah program untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia melalui metode “ZEN Framework” yang mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumberdaya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya. Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2008 oleh PT. Telkom bekerjasama dengan grup harian Tempo serta didukung penuh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Detiknas) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom). Ajang TeSCA 2014 kali ini mengambil tema "Sebuah Langkah Menuju World Class University".

Dewan juri TeSCA 2014 terdiri dari Prof. Ir. Nizam, MSc., Ph.D (Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi, Kemdikbud), Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit (Ketua Umum Aptikom), dan Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D (Wakil Ketua Detiknas) telah melakukan penilaian terhadap hampir 600 perguruan tinggi se-Indonesia. Dari seluruh peserta, panitia menetapkan empat kategori penghargaan yaitu: Top National TeSCA winner, Excellence TeSCA Achiever, Outstanding TeSCA Achiever dan The Highest leap.

Dewan Juri TeSCA menetapkan

, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat ini telah ditetapkan sebagai Top National TeSCA Winner 2014 dan menempati urutan ketiga dari sebelas PT yang ditetapkan.. Sebelas Perguruan Tinggi dimaksud sesuai dengan urutannya adalah:

1. Institut Teknologi Bandung

2. Insitut Teknologi Surabaya

3. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

4. Universitas Airlangga Surabaya

5. Universitas Bina Nusantara Jakarta

6. Universitas Budi Luhur Jakarta

7. Universitas Diponegoro Semarang

8. Universitas Gunadarma Jakarta

9. Universitas Indonesia Jakarta

10. Universitas Negeri Semarang

11. Universitas Padjadjaran Bandung.

Penetapan ini menyandingkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejajar dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Airlangga (Unair). Dengan diraihnya penghargaan ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapatkan tantangan baru untuk terus meningkatkan layanan di bidang Teknologi Informasi untuk mendukung terwujudnya UIN Sunan Kalijaga sebagai world class research university (http://uin-suka.ac.id/index.php/page/berita/detail/868/uin-sunan-kalijaga-raih-penghargaan-top-national-tesca-winner-2014)


oleh Subdit Sarpras & Kemahasiswaan | Edisi Tanggal: 18/06/2014 Jam: 16:56:07 | dilihat: 2557 kali

Berita Terkait