PENERIMA BIDIK MISI JUGA DIUJI KEMAMPUAN BACA KITAB KUNING

Humas (STAIN Jember)-Sedikitnya 48 Calon mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember dari 700 peserta lulus jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional

Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTAIN) mengikuti uji kemampuan membaca kitab kuning dan atau kemampuan menghafal al-Qur’an. Mereka memperebutkan peluang 15 Quota penerima Program Beasiswa Pendidikan Miskin dan Prestasi (Bidik Misi) dari total 35 Quota lainnya yang bakal diperebutkan oleh calon mahasiswa jalur UM-PTAIN dan Jalur mandiri, Selasa (17/06) Agar tepat sasaran STAIN Jember juga akan melakukan verifikasi terhadap berkas pendukung lain yang telah dikumpulkan oleh peserta tes, berkas tersebut akan divalidasi sehingga sesuai antara berkas yang menunjukkan miskin dengan kondisi dilapangan. praktiknya STAIN Jember akan melakukan survey langsung ke rumah lokasi masing-masing pendaftar.

Diharap penerima program Beasiswa Bidik Misi tahun 2014 ini bisa tepat

sasaran sehingga beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa yang benar-benar

berprestasi dan benar-benar Miskin. "Kami mengharap banyak program bidik misi khususnya pada pelaksanaan tahun 2014 ini tepat sasaran, karenanya kami akan melihat langsung kemampuan akademik bagi mahasiswa yang mendaftar," Ungkap Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama STAIN Jember, Drs. H. Sukarno, M.Si. Menurutnya ujian kemampuan khusus ini akan menentukan 15 mahasiswa baru STAIN Jember yang telah dinyatakan lulus rekruitmen melalui jalur SPAN-PTAIN, sehingga dinilai berhak menerima program beasiswa Bidik Misi pada tahun 2014, sebagai bentuk keseriusan dalam ujian ini, STAIN Jember menhadirkan penguji yang dinilai berkompeten pada kitab kuning dan penguji yang mampu menghafal (tahfidz al-Quran) di antaranya Dr. Pujiono, M.Ag, H. Mawardi Abdullah, Lc., M.Ag, Fathiyatur Rohmah, M.Ag dan K. Abdul Haris, M.Ag.

Program Bidik Misi ini merupakan program Nasional Kementerian Agama RI, STAIN Jember merupakan salah satu dari 52 PTAIN di seluruh Indonesia, yang telah dipercaya sebagai

Perguruan Tinggi Penyelenggaran (PTP) Bidikmisi PTAI di lingkungan Kementerian Agama Tahun 2014, adapun kuota yang diterima sebanyak 35 mahasiswa STAIN Jember yang akan mendapatkan program bantuan pendidikan Bidikmisi.

Bidikmisi PTAI ini merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Karenanya Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa bantuan biaya hidup yang diberikan pada penerima secara langsung; Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola oleh perguruan tinggi. (Minan Jauhari/Humas)


oleh anis masykhur | Edisi Tanggal: 21/06/2014 Jam: 17:29:59 | dilihat: 2176 kali

Berita Terkait