KUNJUNGAN GPBB SINGAPURA KE IAIN SURAKARTA

Surakarta (SINAR) – Rombongan Gereja Presbyterian Bukit Batok (GPBB) Singapura mengunjungi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta pada Jumat (8/8) pukul 14.00 WIB. Kunjungan ini dalam rangka membangun hubungan kerjasama antar agama, gereja, IAIN Surakarta, dan pondok pesantren.

Rombongan GPBB yang berjumlah 12 orang diketuai oleh Paulus Hartono selaku pengurus organisasi pemuda Tim peace work camp, Singapura yang berada di bawah kepengurusan GPBB. Para pemuda tersebut mempunyai empat agenda saat di Indonesia. Pertama, tinggal di pondok Al Muayad untuk mengenal dan merasakan langsung kehidupan santri di pondok pesantren. Kedua, dialog pluralis solidaritas dengan masyarakat dengan merenovasi lima rumah di daerah Sangkrah. Ketiga, program pemberdayaan enterpreneurship bersama ibu-ibu pedagang pasar Gilingan dan keempat kunjungan ke IAIN Surakarta.

Ini bukan kunjungan pertama bagi Paulus ke IAIN Surakarta. Pada tahun 2012 dia sudah pernah berkunjung dalam rangka dialog tentang Islam dan Kristen. “Yang membuat saya bangga adalah Solo ini merupakan kota perdamaian antar agama. Jika ingin belajar tentang perdamaian agama maka harus berkunjung ke Solo dan IAIN Surakarta,” kata Paulus dalam sambutan kunjungan.

“Kami berharap akan ada sustainability (kerjasama) dengan IAIN Surakarta. Misalnya di sini ada laboratorium bahasa Inggris, maka kami bisa menjadi sukarelawan tenaga ajar. Selain itu kami sangat berharap kegiatan ini dapat membawa perdamaian di Asia,” pungkas Paulus.

Sementar itu Dr. Imam Sukardi, rektor IAIN Surakarta, memberikan sambutan yang hangat, mengucapkan terimakasih banyak kepada Tim peace work camp, Singapura atas kunjungannya. Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa di IAIN Surakarta agama menjadi landasan utama untuk melangkah. Selain itu Imam menambahkan bahwa ada tiga value yang dikembangkan, yakni religiosity, civility dan modernity.

Kunjungan GPBB Singapura diakhiri dengan kunjungan di UPT Perpustakaan IAIN Surakarta dan penanaman beberapa pohon sebagai simbol perdamaian antara IAIN Surakarta dan GPBB.(yin)


oleh anis masykhur | Edisi Tanggal: 03/09/2014 Jam: 11:04:20 | dilihat: 941 kali

Berita Terkait