Momentum HAB ke 71, Spirit Baru Tingkatkan Integritas dan Etos Kerja

Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-71, Selasa (3/1) benar-benar dimaknai sebagai momentum penting bagi Civitas Akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo untuk dijadikan spirit baru dalam menggenjot kualitas kerja di 2017 ini.

Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag mengatakan, tema HAB Kementerian Agama Ke-71 yakni "Bersih Melayani dengan Motto : Lebih Dekat Melayani Umat" memiliki makna mendalam untuk dijadikan spirit guna lebih meningkatkan kualitas kerja. "Kita harus meningkatkan integritas dan etos kerja. Dengan tema ini, tentunya kita harus lebih berbenah untuk meningkatkan kerja," ujar Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag ketika memberikan sambutan pada penutupan perayaan HAB Kemenag Ke-71 di Lapangan Upacara Kampus 1.

IAIN lanjut Rektor, sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Islam negeri di Provinsi Gorontalo harus dapat memperlihatkan warna. Artinya, IAIN diharapkan bisa menggerakkan umat lewat peran dan fungsinya sebagai Lembaga Pendidikan. "Pelayanan kita tingkatkan, begitu pula Tri Dharma Perguruan Tinggi," tambahnya.

Sebagai wujud komitmen IAIN Sultan Amai Gorontalo dalam meningkatkan kualitas kerja, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja antara pimpinan dengan pejabat yang ada dilingkungan kampus. Ini merupakan tindaklanjut terhadap Keputusan Menteri Agama Nomor 702 Tahun 2016 tentang Pedoman Perjanjian Kerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja. "Ada kesepakatan antara pimpinan dan bawahan. Itu berjalan sesuai dengan suatu pohon yang harus mulai dari akar sampai atas, harus satu kesatuan," ujarnya lagi.

Hal ini menurut Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag., dengan adanya perjanjian kerja tersebut maka kinerja aparatur semakin jelas dan terukur. "Bahwa kita membuat kebijakan sudah terukur, yang bisa dilihat hasilnya dari segi strategis kebijakan, kemudian indikator startegisnya, juga sudah menetapkan input, output juga outcomenya. Itulah inti dari KMA. Ini patut kita jalankan dan harus menjadi perhatian seluruh aparatur yang ada di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo yang merupakan bagian dari Kementerian Agama RI," tegasnya.

Disela-sela penutupan perayaan Hab Kemenag Ke-71, dirangkaikan dengan Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW. Puluhan Tolangga, Walima dan Toyopo (khas budaya gorontalo) oleh Civitas Akademika IAIN Sultan Amai Gorontalo. Tolangga, Walima dan Toyopo tersebut berasal dari Pejabat maupun dari Fakultas dan Jurusan.

Sebagian langsung diserahkan ke panti asuhan. Selain itu, mengawali kerja ditahun 2017 ini, Rektor Dr. H. Kasim Yahiji, M.Ag, juga memberikan pembinaan terhadap seluruh pegawai. Sebelumnya, pada Upacara Hari Amal Bakti tersebut Rektor membacakan sambutan menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.


oleh Akrom Abdullah | Edisi Tanggal: 10/01/2017 Jam: 10:12:43 | dilihat: 116 kali

Berita Terkait