Menteri Agama beri Kuliah Umum di IAIN Sultan Amai Gorontalo

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin 23/1/17 memberikan kuliah umum di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus 2 Limboto tersebut mengusung tema ‘Penguatan PTKIN Merespon isu-isu Radikalisme dan Intoleransi’. Dalam penyampaiannya Menag menyoroti banyaknya isu-isu negatif bahkan fitnah yang berkembang di media sosial yang bisa bermuara pada radikalisme dan intoleransi. Untuk itu, Menag meminta semua masyarakat cerdas dan teliti dalam memilih dan memilah informasi yang beredar. Terkait dengan hal tersebut masih menurut Menag, kampus dalam hal ini IAIN Sultan Amai Gorontalo yang dihuni oleh para insan akademik memiliki kapasitas dan kompetensi dalam mengedukasi masyarakat. Melalui karya karya ilmiahnya kampus memiliki potensi menebarkan Islam yang damai, moderat, dan mengayomi semua keragaman yang ada di negara Indonesia ini baik keragaman suku, budaya dan agama.

Pada Kesempatan yang sama, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Dr.H.Kasim Yahiji, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan kebahagiaannya menerima kunjungan menteri Agama RI Lukman Saifuddin untuk kedua kalinya ke kampus IAIN Sultan Amai Gorontalo, sebelumnya kunjungan pertama dilakukan pada 8 Desember 2015. Selanjutnya Rektor manyampaikan komitmennya untuk bahu membahu bersama pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam menangkal isu-isu radikalisme dan intoleransi di wilayah Gorontalo serta menyebarkan nilai-nilai moderasi ke masyarakat sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Agama. Rektor juga menyampaikan dukungan penuh terhadap Limboto sebagai ‘Madinatul Ilmi’ yang ikut dicanangkan oleh Menteri Agama pada tanggal 23 Januari 2017.

Turut hadir dalam Kuliah umum tersebut Bupati Gorontalo Prof.Dr.Ir Nelson Pomalingo, serta Setdtijen Bimas Islam Prof.Dr.Muhammadiyah Amin dan Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Dr. Muhajirin Janis. Tak lupa seluruh civitas akademika meliputi dosen, pegawai dan lebih dari seribu mahasiswa ikut memeriahkan Kuliah Umum tersebut.


oleh Akrom Abdullah | Edisi Tanggal: 25/01/2017 Jam: 10:56:31 | dilihat: 236 kali

Berita Terkait