Mungkin masih banyak orang yang bingung dengan ketiga istilah yang ada di judul berita di atas! Apakah Anda termasuk yang demikian? Oke guys, kami akan menjelaskannya pelan-pelan. Kategori Open, Selected, dan Invited panel adalah istilah-istilah warisan dari AICIS 2017. Sebelumnya kategori ini disebut dengan pararel session. Di saat usianya masuk sweet seventeen, sejak 2017, AICIS melakukan perubahan besar-besaran mengenai desain konferensi. Mungkin bagi yang terbiasa nimbrung di konferensi tahunan AICIS akan paham beda pola AICIS sebelum 2017 dan setelah 2017.

Open Panel, artinya adalah panel individual atau perseorangan. Dalam bahasa jadulnya, Open Panel itu adalah artikel individu kali ya?!Seorang pendaftar mengajukan abstraknya ke AICIS sesuai dengan tema dan subtheme yang berlaku pada tahun itu. Abstraknya sekitar 400 kata, atau istilah rumitnya, extended abstract. Setelah dinyatakan lolos seleksi akhir, baru pendaftar menyerahkan fullpaper yang akan dipresentasikan. Lalu apa fasilitas yang didapat dari Open Panel. Para presenter yang dinyatakan lolos berhak mendapatkan fasilitas akomodasi (hotel, seminar kit, dll) selama konferensi. Akan tetapi panitia AICIS tidak menanggung sama sekali biaya transportasi peserta ke lokasi Konferensi AICIS 2019.

Selected Panel, maksudnya adalah panel kelompok. Kelompok yang terdiri dari 1 chair  dan 4 anggota panel. Apa itu chair? Ingat ya, chair itu bukan moderator, akan tetapi orang yang dianggap memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang ilmu atau tema panel yang akan dipresentasikan. Kompetensi dapat dibuktikan dengan bejibun karya-karya yang terkait dengan tema. Setelah dinyatakan lolos seleksi akhir, setiap panelis akan diminta menyerahkan fullpaper yang akan dipresentasikan. Lalu apa fasilitas yang diperoleh oleh kategori Selected Panel ini? Jika lolos hingga akhir, peserta akan mendapatkan fasilitas akomodasi (hotel, seminar kit, dll) selama konferensi. Panitia AICIS juga akan menanggung biaya transportasi (pesawat, kereta api, bus) peserta ke lokasi konferensi AICIS. Tiketnya ekonomi non Garuda ya. Bagi peserta dari Luar Negeri khusus Asia Tenggara juga ditanggung tiketnya.

Lalu apa itu itu Invited Panel? Kategori ini sebenarnya sama dengan Selected Panel, cuma bedanya Invited Panel ini adalah panel undangan yang diundang khusus oleh panitia, misalnya pengelola jurnal terindeks Sinta 1 (Scopus), orang yang memiliki kompetensi keilmuan di bidang tema konferensi, serta diharapkan memiliki jaringan Luar Negeri yang bisa diajak kolaborasi dalam konferensi ini. Karena invited, ya tentu tanpa seleksi, tetapi tetap wajib menyerahkan fullpaper. Fasilitas yang akan didapatkan kategori ini sama dengan fasilitas kategori Selected Panel. Untuk informasi mengenai registrasi silahkan kunjungi http://diktis.kemenag.go.id/aicis_2018/2019/index.php klik menu registrasi di pojok kanan atas.Tahun ini, seluruh fullpaper (bahasa Arab, Inggris, Indonesia) AICIS akan diterbitkan dalam beberapa kelompok, Prosiding terindeks Scopus (syarat dan ketentuan berlaku, cek website), dan Jurnal terindeks SINTA 2 yang telah ditentukan oleh panitia AICIS 2019). Untuk detail informasi mengenai publikasi, silahkan cek http://diktis.kemenag.go.id/aicis/index.php/conference-proceeding/   

Tahun ini, seluruh fullpaper (bahasa Arab, Inggris, Indonesia) AICIS akan diterbitkan dalam beberapa kelompok, Prosiding terindeks Scopus (syarat dan ketentuan berlaku, cek website), dan Jurnal terindeks SINTA 2 yang telah ditentukan oleh panitia AICIS 2019). Untuk detail informasi mengenai publikasi, silahkan cek http://diktis.kemenag.go.id/aicis/index.php/conference-proceeding/

So, apa yang kalian tunggu, segera daftar!!! Registrasi berakhir tanggal 25 Mei 2019 loh!