Salah satu keynote speaker yang telah memastikan diri datang dalam perhelatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke 19 adalah Peter Mandeville. Dia adalah seorang Professor dalam bidang Politik dan Pemerintahan di Goerge Mason University, Amerika Serikat dan menjadi Penasehat Senior di Office of Religion and Global Affairs Amerika Serikat.

Saat ini, minat yang digeluti oleh Peter Mandeville antara lain dalam bidang New Media dan Studi Perbandingan Otoritas Keagamaan dan Gerakan Sosial di dunia Islam yang fokus pada anak muda. Karya-karya monumental yang telah diterbitkannya antara lain, Islam and Politics, (Routledge, 2014), dan Globalizing Religion (Sage, 2010), dan Religious Education in Britain.

Posisi Mandeville sebagai salah satu keynote speaker di even tahunan ini sangat signifikan dalam mengurai kompleksnya interaksi antara Islam, masyarakat, negara, dan proses globalisasi. Munculnya para jihadis dan gerakan sosial keagamaan yang memanfaatkan media baru dalam lanskap politik Islam telah menimbulkan satu tantangan tersendiri yang perlu dicermati dan dikritisi. Mandaville memiliki kompetensi dalam mengurai benang kusut ini.

Sementara itu, di sesi Special Panel, beberapa pakar Islam dan media yang telah menyatakan hadir antara lain, Garry R. Bunt (Univ. of Wales, Inggris), Martin Slama (Univ. Vienna, Austria), Pam Nilam (UWA, Australia), Eva Nisa (New Zealand). Seluruh informasi mengenai AICIS  di website http://diktis.kemenag.go.id/aicis/. Mari bergabung! Pendaftaran call for panel akan ditutup pada 25 Mei 2019. [SZQ]