Perhelatan AICIS akan dilaksanakan kurang lebih 2,5 bulan lagi. Pada hasil review yang dilaksanakan di Bogor beberapa waktu yang lalu, terdapat usulan adanya tambahan panel. Jika pada 2 tahun sebelumnya terdapat kategori Invited, Selected, dan Open panel, maka pada tahun ini ditambah satu kategori lain, yakni Extended Panel.

Menurut Kasubdit Akademik, Mamat S Burhanuddin, “Momen AICIS 2019 sedikit berbeda dengan panel pada 2 tahun yang lalu. Jika pada dua tahun yang lalu kategori panel terdapat 3 panel yakni Invited Panel, Selected Panel, dan Open Panel, maka pada momentum tahun ini AICIS akan menghadirkan Extended Panel.” 

Lebih jauh Mamat menyebutkan bahwa Extended panel adalah panel mandiri di mana pembiayaan segala pembiayaan chair dan angootanya, seperti transportasi, akomodasi hotel, seminar kit, meals, dibebankan pada institusi peserta yang dinyatakan lulus dalam kategori panel ini. Sementara itu, open panel mendapatkan semua fasilitas itu, kecuali transportasi yang ditanggung oleh institusi peserta dari open panel.

Senada dengan Mamat S. Burhanuddin, Dr. Mukti Bisri, Kepala Seksi Mutu Akademik menyatakan bahwa akan terdapat 20 panel tambahan di kategori Extended Panel atau panel mandiri ini. Harapannya, institusi akan membiayai semua pembiayaan mereka dengan biaya perjalanan dinas yang dimiliki oleh institusi masing-masing. Ahmad Mahfudh, Kepala Seksi Evaluasi Akademik, menjelaskan “Kategori baru Extended Panel ini diseleksi dan diambilkan dari para Pelamar AICIS dari jalur Selected Panel dan Open Panel.”

Peserta di Extended Panel ini akan mendapatkan fasilitas free biaya konferensi, kemudian memiliki peluang untuk menerbitkan artikelnya di proceeding terindeks Scopus atau jurnal yang terindeks Sinta 2, sebagaimana fasilitas yang diberikan kepada tiga panel sebelumnya.

Ketua Steering Committee (SC), Noorhaidi Hasan menegaskan,  “Eksistensi Extended panel ini hadir sebagai salah satu bentuk akomodasi terhadap banyaknya tulisan-tulisan bernas yang dikirimkan untuk mengikuti perhelatan tahunan AICIS ini. Panel tambahan ini akan diambilkan dari jalur open panel dan selected panel.”

“AICIS tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Perbedaannya terletak pada Publikasi. Paper panelis akan dipublikasikan dalam beberapa kategori, prosiding terindeks Scopus, jurnal terindeks Scopus dan jurnal terakreditasi Sinta 2 yang telah bekerjasama dengan AICIS,” lanjutnya.

Dengan ditambahkannya Extended panel ini diharapkan semangat peserta semakin baik dan peserta memiliki publikasi di jurnal-jurnal atau prosiding yang bereputasi.