Setarakan Ijazah?

Kini Lebih Cepat & Lebih Baik


Cek Status

Login Member



Belum Daftar? atau Lupa Password?

Salam Direktur

Assalamu'alaikum wr. wb.

Penilaian dan Penyetaraan Ijazah Bidang Studi Islam pada Perguruan Tinggi Luar Negeri adalah salah satu pelayanan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi instansi pemerintah dan lembaga pengguna lainnya untuk mendayagunakan pemegang ijazah bidang studi Islam dari perguruan tinggi luar negeri.
Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No 161 Tahun 2007 tanggal 11 April 2007, Ijazah Bidang Studi Islam Perguruan Tinggi Luar Negeri perlu dinilai untuk keperluan penetapan penyetaraan dengan jenjang pendidikan tinggi yang diselenggarakan di Indonesia.
Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai yang meliputi beberapa aspek, diantaranya data pemegang ijazah, keaslian dan keabsahan ijazah, transkrip nilai, silabus/kurikulum, pengakuan dari negara yang bersangkutan terhadap perguruan tinggi, serta muatan tesis untuk jenjang magister atau disertasi untuk jenjang doktoral. Per tahun 2015, Direktorat Pendidikan Tinggi meningkatkan kualitas pelayanan penilaian dan penyetaraan ijazah dengan fasilitas pendaftaran online. Dengan sistem ini, aksesibilitas dan transparansi pelayanan menjadi lebih baik, karena pemohon dapat melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja, serta memantau status permohonannya.
Wassalam,
Direktur Pendidikan Tinggi Islam

Prof.Dr. Amsal Bakhtiar, MA

Prosedur & Panduan