Jaga Mutu dan Kualitas Pembelajaran, Kopertais Lampung Gelar Rapat Perdana Pimpinan PTKIS




Kopertais XV (Bandar Lampung) - Setelah resmi ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XV Provinsi Lampung langsung tancap gas menggelar rapat perdana pimpinan PTKIS yang bertempat di Ruang Rapat Lantai III Rektorat UIN Raden Intan Lampung, Rabu (22/4/2020).

Di tengah kondisi pandemi, rapat menerapkan aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti menjaga jarak, wajib menggunakan masker, cuci tangan dengan hand sanitizer dan cek suhu tubuh.

Selain pimpinan PTKIS, rapat yang dipimpin Ketua Kopertais XV yang juga Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag, dihadiri Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementerian Agama Prof. Dr. M. Arskal Salim GP dan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama PTKI Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D secara online dari kediaman masing-masing.

Koordinator Kopertais XV Lampung Moh. Mukri mengatakan, meskipun kondisi pandemi, rapat koordinasi perdana harus dilaksanakan. Di samping untuk koordinasi, rapat ini juga untuk memastikan kegiatan pembelajaran jarak jauh di semua PTKIS berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Mukri menghimbau kepada para pimpinan PTKIS Wilayah XV untuk bisa berkoordinasi dengan baik. “Jika ada keluhan atau masukkan, silahkan sampaikan kepada kami,” ujarnya.

Rektor UIN Raden Intan yang juga merupakan ketua PWNU Lampung ini berharap adanya PTKIS ini dapat memberi manfaat dan turut mencerdaskan khususnya masyarakat Lampung.

Direktur PTKI M. Arskal Salim GP menyampaikan, adanya Kopertais Wilayah XV yaitu pemekaran dari Wilayah VII yang mencakup Sumatera Bagian Selatan. “Pemekaran ini untuk memberikan layanan PTKIS yang lebih maksimal. Kopertais (XV) ini sudah terkonsolidasi dengan baik dan dapat melayani seutuhnya,” kata Prof. Arskal.

Dia menjelaskan, saat ini Direktorat PTKI sedang melakukan monitoring dan evaluasi terkait proses pembelajaran jarak jauh. “Kita tetap memastikan mutu pembelajaran yang dilaksanakan di semester ini. Kita sudah dan sedang melakukan monitoring dan evaluasi, termasuk PTKIS,” paparnya.

Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga mengajak para peserta rapat untuk tidak menyerah dengan keadaan saat ini. “Kita tidak boleh menyerah meskipun dalam suasana pandemi covid-19 kualitas harus tetap kita upayakan,” ujarnya.

Prof Arskal juga berharap kepada UIN Lampung harus dapat memaksimalkan peran sebagai Kopertais, untuk melayani kebutuhan PTKIS. “Kami juga berupaya untuk mengakomodasi segala keluhan, harapan dan ekspektasi dari PTKIS untuk lebih baik,” tambahnya.

Kemudian, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama M. Adib Abdussomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D mengatakan, progres dari Kopertais XV cukup baik. “Kopertais XV ini lebih cepat untuk merespon. Anda sudah mendapatkan bimbingan yang sangat tepat,” kata Adib dihadapan peserta rapat.

Pria yang biasa Gus Adib ini menjelaskan secara singkat tugas dan fungsi dari Kopertais diantaranya yaitu pengawasan, pembinaan dan pemberdayaan. “Untuk pengawasan dan pembinaan, salah satunya memastikan Perguruan tinggi (PTKIS) di Lampung harus memiliki wawasan Islam Wasathiyah,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada para pimpinan PTKIS, jika ada keperluan dengan Direktorat PTKI harus berkoordinasi dan mendapat rekomendasi dari Kopertais di setiap wilayah. (M. Idris/Alip)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 23-04-2020 Jam: 11:14:27 | dilihat: 545 kali