SBY: Indonesia Harus Jadi Model Toleransi Beragama




JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengatakan sebagai negara yang mempunyai jumlah umat Islam terbesar di dunia, maka Indonesia harus menjadi rahmat bagi semesta alam.

"Kalau penduduk Indonesia yang beragama Islam terbesar di dunia, maka kekuatan umat Islam di Indonesia harus benar-benar membuat Islam sebagai rahmat bagi semesta alam," kata SBY saat menerima kunjungan Forum Rektor Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

SBY berharap ke depan, umat Islam Indonesia dapat lebih maju. Terlebih ketika mengikuti percaturan dunia.

"Ketika ikut percaturan dunia, kita punya misi agar Islam jadi rahmat bagi semesta alam, tetapi bagus kalau kita mulai dari tanah air kita sendiri. Kita juga ingin umat Islam umat yang maju," tuturnya.

Selama sembilan tahun kepemimpinannya, dia juga banyak mendengar bahwa Indonesia bisa menjadi model kehidupan bangsa dengan keberaneka ragaman agama di dunia.

"Selama memimpin negeri ini, di berbagai forum mengatakan Indonesia bisa menjadi model. Kehidupan bangsa yang mayoritas Islam adalah kehidupan baik, yang negara lain boleh mencontoh. Ucapan itu saya dengar berkali-kali," ungkapnya.

SBY juga mengaku, banyak negara di dunia yang mengapresiasi kerukunan umat beragama di Indonesia.

"Kalau pandai menjaga situasi teduh, penuh kerukunan, saling hormati bagi komunitas islam, komunitas religius maka terpancar kehidupan di negara kita ini. Banyak negara mengatakan contohlah Indonesia," ungkapnya.

Kendati demikian, dia tidak menutupi adanya konflik agama di Indonesia. Namun, semua itu bisa diatasi secara baik.

"Kalau ada sesuatu yang menganggu di negeri ini, konflik horisontal, kekerasan-kekerasan yang tidak perlu terjadi, kurangnya toleransi maka hilangkan lah, apa yang oleh dunia diharapkan kita tampil sebagai teladan, sebagai model kehidupan yang teduh dan baik," tutupnya.

(cns)

sumber: koran indonesia, July 23, 2013

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 29-07-2013 Jam: 15:11:15 | dilihat: 980 kali