50 Pengelola PTKIS Kopertais VII Ikuti Workshop Percepatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

null


(direktur PTKI, Prof. Suyitno bersama dengan Pimpinan Kopertais dan Pimpinan PTKI Kopertais Wil. VII)

Palembang – Kementerian Agama Melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi khususnya dalam hal Akreditasi.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Workshop Klinik AIPT Menuju PTKIS Unggul di Kopertais VII Sumatera bagian selatan, pada 08-10/2021. Hal serupa sebelumnya diselenggarakan di Kopertais XIII Wilayah Jambi, pada 29 Maret – 02 April 2021.

Direktur DIKTIS, Suyitno dalam sambutannya mengapresiasi atas kolaborasi terlaksananya kegiatan Workshop Klinik AIPT Menuju PTKIS Unggul. “Ini adalah kali pertama kami tatap muka dengan PTKIS”, jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, harga diri kita dilihat dari akhlaqul karimah, harga diri perguruan tinggi itu dilihat dari akreditasinya. Sesuai dengan “Sapta Program Diktis”, Suyitno menyebut Sapta program salah satunya yaitu LAM, jika sudah berjalan maka kedepan LAM yang akan melakukan akreditasi khususnya prodi agama.

“Pimpinan PTKIS harus lebih agresif karena dalam pengelolaan perguruan tinggi lebih fleksibel dibandingkan dengan PTKIN. PTKIS jangan merasa minder karena baromaternya mutu dan kualitas perguruan tinggi adalah akreditasi”, jelas Suyitno saat mengakhiri sambutan.  

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, M. Adib Abdushomad, M.Ed,. Ph.D dalam sambutannya menyampaikan terimaksih atas kesediaan Kopertais Palembang untuk berkolaborasi menjadi tuan rumah dalam program klinik AIPT yang ke dua setelah Jambi.

Saya melihat melihat animo dan harapan dari PTKIS yang sangat luar biasa dalam kegitan ini. Kami dari Subdit Kelembagaan dan Kerjasama pada tahun ini akan sangat proaktif untuk mengingatkan pentingnya akreditasi pada PTKIS.

Dalam kesempatan yang sama Adib yang merupakan alumni Filinders University tersebut menyatakan bahwa Jika kita ingin melihat kualitas perguruan tinggi lihatlah akreditasinya.

Kedepan yang dilihat masyarakat adalah akreditasinya, tidak melihat perbedaan kampus tersebut negeri ataupun swasta.

Semoga asesor dapat memberikan bimbingan agar PTKIS dapat meningkatkan akreditasinya”, tambah Adib mengakhiri sambutannya.

“Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari pimpinan Rektor/Ketua perguruan tinggi Kopertais Sumatera Bagian Selatan, Ketua LPM dan Kaprodi. Kehadirian peserta ini melebihi target yang diundang, jelas Dr. Zainal Berlian, SH., MM., DBA selaku Wakil Kopertais VII.


oleh Subdit Kelembagaan | Edisi Tanggal: 11-04-2021 Jam: 08:19:05 | dilihat: 880 kali