Dari Rakor PPG di Batam: <BR>“PPG Jalur Sertifikasi Pendidik Paling Ideal”




Diktis (Batam, 21/11). Begitulah kesimpulan yang mengemuka dari Rapat Koordinasi LPTK Penyelenggara Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan di Lingkungan Kementerian Agama yang dilaksanakan di Batam dari 19-21 November 2013. Rakor ini diselenggarakan dalam rangka persiapan dan pematangan pelaksanaan PPG Angkatan II. Sedangkan PPG Angkatan I telah selesai. Setidaknya hingga saat ini peserta PPG Angkatan I yang dinyatakan lulus lebih dari 1000 guru. Bahkan beberapa LPTK sudah melaksanakan pengukuhan para peserta yang telah lulus pada Ujian Kompetensi Akhir Nasional--disebut dengan UKAN--sebagai guru professional.

Sebagaimana diberitakan bahwa Pelaksanaan PPG di lingkungan Kementerian Agama dicanangkan tahun 2012, meski di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah dimulai sejak tahun 2011. Dan program di Kementerian Agama tersebut hanya bisa menjangkau guru dalam jabatan. Pada Rakor kali ini wacana untuk mempersiapkan PPG pra jabatan sudah mengemuka. Namun gagal untuk dibahas “Sedianya PPG Pra Jabatan sudah diagendakan untuk dibahas. Mengingat ada isu krusial yang harus segera diselesaika, maka hal itu akan dibahas pada pertemuan mendatang,” ujar Anis Masykhur pada saat menyimpulkan hasil rapat. Dalam sambutannya disampaikan pula bahwa mengingat PPG ini sangat terkait dengan LPTK, maka jaminan mutu pelaksanaan harus diperkuat. “Direktorat Pendidikan Tinggi Islam sebagai lembaga yang melakukan pengawasan atas LPTK, meminta agar LPTK memperkuat dan memerankan secara optimal jaminan mutu pelaksanaan PPG” ujarnya lebih lanjut.

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan bahwa PPG merupakan salah satu pola sertifikasi selain jalur portofolio, pemberian langsung dan PLPG. Namun demikian, dari sisi kualitas produk, jalur PPG dianggap jalur paling ideal. Keidealan tersebut karena system yang dibangun pada PPG adalah proses pendidikan profesi setingkat program magister. "Produk PPG mempunyai kompetensi yang mumpuni dalam pendidikan, dan diharapkan akan mampu menyelesaikan sebagian permasalahan pendidikan di negara kita," urai Mastuki pada saat memberikan sambutan.

Rapat Koordinasi PPG di Batam ini dihadiri oleh para pimpinan dan pengelola PPG pada LPTK Penyelenggara PPG. Pimpinan LPTK bertemu untuk membahas problematika LPTK selama penyelenggaraan proses pendidikan. Sedangkan para pengelola dikumpulkan untuk “pembekalan” tentang kurikulum tematik 2013. Pembekalan ini dimaksudkan agar proses sertifikasi juga memperkenalkan kurikulum 2013 kepada para peserta. Alhasil, pimpinan dan pengelola bisa lebih memahami problematika program.**n15m4**

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 25-11-2013 Jam: 18:15:22 | dilihat: 2528 kali