Dede Rosyada: Penelitian Menaikkan Citra Perguruan Tinggi




Bandung (23/11). Program bantuan penelitian merupakan wujud komitmen DIKTIS untuk memberikan akses yang luas bagi dosen dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) di ranah akademik, khususnya dalam bidang penelitian.

Salah satu kewajiban seorang tenaga akademik adalah penelitian, dengan tujuan membawa perubahan menuju cita masyarakat maju, mandiri dan sejahtera sesuai RPJPM 2025. Guna mencapai ke arah itu, maka penelitian hendaknya dilakukan secara kontinyu dan profesional. Hal ini disampaikan oleh Direktur Perguruan Tinggi Islam Prof. Dr. Dede Rosyada dalam sambutannya saat membuka seminar proposal Penelitian Diktis di Bandung, 23 November 2013.

Lebih lanjut Dede Rosyada menyampaikan, bahwasanya penelitian memiliki tujuan pokok. Pertama; penelitian sebagai updating keilmuan. Penelitian yang dilakukan secara kontinyu diharapkan mampu meng-update teori bahkan kalo bisa melahirkan teori-teori baru. Hal ini akan berdampak pada kemajuan dan kekayaan keilmuan. Kedua, penelitian dapat menaikan citra perguruan tinggi dan dosen. Apalagi kalau penelitian yang dilakukan oleh dosen dimuat di jurnal nasional bahkan internasional. Penelitian yang dimuat pada jurnal ilmiah pada skala nasional maupun internasional, memungkinkan peneliti atau dosen lain dapat mengakses hasilnya. Dampak positif yang menyertainya adalah naiknya citra dan otoritas dosen yang bersangkutan.

Secara umum, program bantuan penelitian memfasilitasi upaya pengembangan bidang ilmu agama Islam (Islamic studies) yang dikembangkan di PTAI. Namun demikian, program bantuan penelitian juga memberikan ruang yang cukup lapang untuk aksi partisipatif, di mana penelitian tidak hanya mengetahui, menjelaskan, atau menafsirkan namun juga mentransformasi kondisi sosial khususnya penguatan kualitas hidup komunitas.

Untuk mendukung berbagai daftar panjang (long komunitas Muslim), baik yang bersifat konsep maupun yang lebih praksis, sejak tahun 2010 Program Bantuan Penelitian berorientasi pada upaya produksi berbagai perangkat keras (hard ware) maupun perangkat lunak (soft ware) berkaitan dengan peningkatan kualitas hidup Muslim. Bantuan penelitian juga mengakomodir penelitian yang menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Melalui upaya ini diharapkan keluaran (output) penelitian yang didanai bisa lebih terukur dan bermanfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya peningkatan mutu kehidupan kaum muslimin (S-V).

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 26-11-2013 Jam: 14:14:09 | dilihat: 1458 kali