Desa Binaan Kerjasama IAIN Bone dengan PT Astra Internasional TBK Panen Nilam

Bone—Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone bekerjasama dengan PT. Astra Internasional TBK melakukan Program Desa Sejahtra Astra yakni program pemberdayaan melalui budidaya nilam menjadi minyak atsiri.


(Desa Binaan Kerjasama IAIN Bone dengan PT Astra Internasional TBK Panen Nilam)

Bone — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone bekerjasama dengan PT. Astra Internasional TBK melakukan Program Desa Sejahtra Astra yakni program pemberdayaan melalui budidaya nilam menjadi minyak atsiri.

Rektor IAIN Bone Prof. Andi Nuzul bersama Bupati Bone Andi Fashar Padjalangi melakukan panen nilam perdana di desa binaan yaitu Desa Manurunge, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, pada Kamis (8/7). 

Kepala Pusat Penelitian LPPM IAIN Bone, Syamsuriadi, mengatakan LPPM IAN Bone saat ini membina lima desa di kecatamatan Ulaweng. Masing masing desa bisa mengelola 10 hektar sebagai projek percontohan dan menghasilkan salah satu minyak astsiri terbaik di Indonesia.

“Saat ini kami membina 5 Desa atas suppor PT. Astra Internasional Tbk, masing masing desa bisa mengelolah 10 hektar sebagai projek percontohan," katanya. 

Lebih lanjut dikatakan Syamsuriadi, proses pengolahan minyak ini dikelola dengan ramah Lingkungan dan menghasilkan salah satu minyak atsiri terbaik yang ada di Indonesia dan sudah berorientasi ekspor.

Rektor IAIN Bone Prof. Andi Nuzul berharap dukungan dari Pemerintah Daerah dalam mengaktualisasikan program Tri Darma Perguruan Tinggi, salah satunya pengabdian pada masyarakat. 

“Ini adalah salah satu tugas dari Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat dan semoga bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama pemerintah daerah," harap Andi.

Sementara itu, Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi mengapresiasi kerja yang dilakukan oleh IAIN Bone melalui LPPM yang berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pertanian nilam.

“Semoga langkah LP2M IAIN Bone mampu melakukan pelbagai inovasi dan edukasi yang bisa menambah penghasilan masyarakat," imbuhnya.

Andi Fahsar menegaskan program ini sangat strategis untuk membantu ekonomi masyarakat desa di tengah pelbagai kesulitan yang dihadapi," kata Bupati dua periode ini.

oleh admin diktis | Edisi Tanggal: 08-07-2021 Jam: 13:12:28 | dilihat: 504 kali