DIKTIS & BAN-PT Bertekad Rampungkan Akreditasi Prodi 2021


Jakarta - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) melakukan rapat virtual bersama Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan ini diikuti para pimpinan dan staf dari kedua belah pihak instansi.

Direktur DIKTIS, Suyitno dalam sambutannya mengapresiasi atas kinerja BAN-PT dan para staf DIKTIS yang telah mengawal proses akreditasi tahun 2020 yang lalu.

“Terima kasih yang luar biasa untuk Tim dari BAN-PT, para asesor dan para staf DIKTIS yang terlibat dalam pengawalan proses akreditasi yang sangat menyita resource, demi pelayanan yang terbaik bagi peningkatan kualitas PTKI” ujar Suyitno.

Diketahui pada tahun 2020 yang lalu, DIKTIS bersama dengan BAN-PT telah menyelesaikan akreditasi program studi sebanyak 314 prodi dengan melibatkan 628 orang asesor.

Untuk tahun 2021 DIKTIS dan BAN-PT berkomitmen akan menyelesaikan proses akreditasi lanjutan. Menurut informasi yang masuk ke subdit pengembangan akademik masih banyak kampus atau perguruan tinggi yang akan mengajukan proses Re-Akreditasi program studinya.

"Dari data yang masuk, tahun 2021 ini ada sebanyak 791 program studi yang perlu di re-akreditasi, angka ini pun belum final karena masih ada kampus yang belum mengajukan proses kenaikan peringkatnya," Kata Mamat, Kasubdit Pengembangan Akademik.

Menyikapi hal tersebut, DIKTIS dan BAN-PT pada tahun 2021 ini mulai mempersiapkan diri dalam melayani kebutuhan re-akreditasi perguruan tinggi dengan mempersiapkan sumber daya dan pembiayaannya.

“DIKTIS akan menyiapkan anggaran untuk proses re-akreditasi pada tahun 2021 cukup besar sehingga meng-cover seluruh kebutuhan proses akreditasi” Pungkas Suyitno.

Rapat virtual ini diselenggarakan pada Rabu (06/01), dan dihadiri oleh Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Kasubdit Pengembangan Akademik, Kasubdit Kelembagaan DIKTIS, dan para staf dilingkungan masing-masing. (dnt)

oleh admin-dev | Edisi Tanggal: 06-01-2021 Jam: 12:53:08 | dilihat: 169 kali