Diktis Kemenag lakukan Pembinaan Akreditasi bagi Perguruan Tinggi

Pembinaan Akreditasi dilakukan untuk merespon Surat Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


(Workshop pembinaan Akreditasi Perguruan Tinggi TMSP untuk kopertais wilayah XIV di Mataram, NTB (5-6/10/2021).)

Mataram - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas Perguruan Tinggi khususnya bagi PTKIS yang Tidak Memenuhi Syarat Peringkat (TMSP) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Untuk merespon hal tersebut kemenag menggelar workshop pembinaan Akreditasi Perguruan Tinggi TMSP untuk kopertais wilayah XIV di Mataram (5-6/10/2021).

Pembinaan Akreditasi dilakukan untuk merespon Surat Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.1624/BAN-PT/LL/2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Usulan Akreditasi bagi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang Tidak Memenuhi Syarat Peringkat Akreditasi.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, M. Adib Abdushomad, M.Ed,. Ph.D menegaskan dalam sambutannya bahwa PTKIS yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat Peringkat (TMSP) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) diminta untuk segera memperbaiki dokumen borang akreditasi sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan rekomendasi dari Direktur PTKI sebelum submit ulang ke aplikasi SAPTO. Rekomendasi ini merupakan syarat wajib bagi BAN PT yang menunjukkan bahwa telah ada perbaikan dokumen yang diajukan. 

Dalam kesempatan yang sama Adib yang merupakan alumni Filinders University tersebut menyatakan bahwa If you want to see the quality of Islamic Higher Education you can see through their accreditation's achievement. 

“Pembinaan akreditasi Prodi dan Perguruan Tinggi merupakan upaya peningkatan mutu dan Kualitas Perguruan Tinggi yang menjadi wilayah konsentrasi kerja bersama”, lanjut Adib.

Rektor UIN Mataram, Prof. H. Masnun Tahir yang hadir dalam pembukaan menyatakan bahwa mengurus akreditasi harus berkelanjutan tidak bisa dalam waktu cepat perlu waktu yang panjang karena berhubungan dengan proses pendidikan di kampus.

“Semua Pimpinan PTKIS harus peduli akreditasi. Jangan ada tambahan lagi kampus yag kena TMSP diwilayah kopertais XIV ini”, pinta Masnun. Saya sangat bangga bagi perguruan tinggi dan civitas akademika yang mampu mengawal akreditasi hingga mendapatkan nilai yang memuaskan. 

Kegiatan Pembinaan Akreditasi Perguruan Tinggi diikuti oleh 6 lembaga yang mendapatkan TMSP APT. Nampak hadir dalam kegiatan, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, M. Adib Abdushomad, M.Ed., Ph.D, Rektor UIN Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. Masnun Tahir, Para Asesor BAN-PT dan Para Kasi pada Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit. PTKI. (Taufiq-AN)

oleh admin diktis | Edisi Tanggal: 11-10-2021 Jam: 00:41:34 | dilihat: 301 kali